Analisis ICO DISCIPLINA: Blockchain Rekrutmen & Edukasi


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Analisis ICO DISCIPLINA: Blockchain Rekrutmen & Edukasi (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on steem.it and medium

Aplikasi blockchain yang sangat luas membuat berbagai perusahaan rintisan mencoba untuk membangun blockchain untuk berbagai hal. DISCIPLINA adalah blockchain untuk rekrutmen dan edukasi. Saat ini (Mei 2018) proses ICO Disciplina telah memasuki tahap whitelisting dan crowdsale diharapkan akan segera berlangsung beberapa waktu ke depan. Proyek Disciplina inilah yang akan penulis bahas dalam artikel kali ini. Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi yang mungkin saja salah dan bisa diikuti ataupun diabaikan tanpa ada paksaan.

Apa itu Disciplina?

Disciplina adalah blockchain multifungsi untuk proyek-proyek edukasi dan rekrutmen. Disciplina menyediakan kinerja yang transparan dan pengelolaan kerahasiaan dan reliabilitas informasi yang diinput oleh peserta dalam sistem tersebut. Disciplina memiliki fitur smart contract, biaya transaksi yang rendah, Proof of Stake (POS), Web of Trust, dan private chain.

disciplina-blockchain-comparison

Blockchain Disciplina ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data prestasi pribadi dalam bentuk digital dan menyediakan akses pada data tersebut melalui platform terpadu. Hal ini menjamin kredibilitas dan keabadian data. Platform disciplina tersebut akan memiliki fitur alat pencarian prestasi siswa serta bidang keahlian mereka. Alat pencarian ini sangat berguna untuk para perekrut untuk dapat menemukan kandidat yang tepat. Selain itu platform ini dapat membantu siswa untuk mengoptimalkan jalur pendidikan yang tepat sesuai dengan tujuan karir untuk dapat bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Sesuai dengan konsep tokenomy, ekosistem Disciplina terdiri dari institusi akademis online maupun offline, pengajar, siswa, dan perekrut (misalnya HR perusahaan).

Persoalan yang ingin dipecahkan Disciplina

Untuk siswa:

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

  • Kurangnya rating yang kredibel untuk institusi pendidikan dan kualifikasi pengajar
  • Kurangnya kepercayaan pada kualifikasi akademis karena sulit untuk membuktikan keasliannya
  • Sulitnya membuat rencana edukasi spesifik pada jenis pekerjaan

Untuk perekrut:

  • Sulitnya mencari spesialis dengan kualifikasi yang diinginkan
  • Kurangnya kepercayaan akan kualifikasi akademis dari para kandidat
  • Tidak bisa untuk memeriksa pekerjaan kandidat secara kualitatif

Untuk institusi pendidikan:

  • Tidak bisa bertukar data prestasi akademis antar institusi karena tidak adanya platform yang terpadu
  • Arsip dokumen kertas sangat berisiko untuk hilang
  • Arsip dokumen kertas sangat mudah untuk dimodifikasi atau dipalsukan

Gambaran Luas Arsitektur Disciplina

Arsitektur Disciplina membagi blockchain menjadi dua layer, yaitu layer privat yang didalamnya terdapat data-data sensitif, dan layer publik yang didalamnya terdapat informasi yang diperlukan untuk memvalidasi integritas dan keaslian dari blok-blok privat.

disciplina-architecture

Layer privat dikelola oleh edukator-edukator yang independen satu dengan yang lain. Layer ini mengandung data-data interaksi antara siswa dengan pengajar yang dapat berupa jawaban tugas, nilai, dan sebagainya. Siswa dapat mengakses platform melalui web dan aplikasi seluler. Dalam aplikasi, mereka memilih edukator, mendaftar kelas, menerima tugas, dan mengirim jawaban tugas tersebut. Nilai dan kelulusan siswa tentu saja ditentukan oleh edukator.

Layer privat membuka peluang pengajar untuk mengubah data dalam blockchain. Untuk mengatasi masalah ini dan membuka transaksi-transaksi privat dapat diverifikasi publik, maka digunakan layer kedua (layer publik). Bagian publik dari jaringan Disciplina terdiri dari saksi-saksi yang merupakan entitas khusus yang menjadi saksi blok privat yang telah dibuat oleh edukator.

Perekrut merupakan entitas yang tertarik untuk memperoleh data mengenai siswa dari institusi pendidikan. Mereka dapat membeli data dari pengajar menggunakan protokol khusus. Validitas dan keamanan data yang “diperdagangkan” dijamin oleh saksi-saksi.

Penggunaan Token Disciplina (DSCP)

Alat pembayaran utama dalam aplikasi yang menggunakan blockchain Disciplina adalah token DSCP bersama dengan unit pembayaran yang lebih kecil yang bernama logic. Logic ini ekuivalen dengan pecahan (fraksi) dari DSCP. ERC20 akan didistribusikan saat crowdsale dan akan dikonversi menjadi token pada MainNet Disciplina dengan perbandingan 1:1.

Dengan token DSCP (pada MainNet) siswa dari berbagai negara dapat mendaftar dalam kursus/kelas Disciplina dengan membayar menggunakan DSCP. Hal ini akan mempercepat proses pembayaran karena transaksi dapat cepat dapat tercatat tanpa melalui bank, sehingga juga tanpa komisi.

disciplina-ecosystem

Senada dengan hal di atas, pengajar juga memperoleh pembayaran dengan DSCP, dan perekrut membayar sejumlah DSCP untuk dapat memperoleh data kandidat untuk dipekerjakan. Dengan demikian DSCP tergolong utility token (mata uang kripto) yang selain dapat digunakan pada platform Disciplina, juga dapat digunakan untuk diperdagangkan.

Investasi pada ICO (Crowdsale) Disciplina

  • Simbol: DSCP
  • Harga token saat crowdsale: 1 DSCP = 0,0005 ETH atau 1 ETH = 2.000 DSCP
  • Softcap: 7.000 ETH; Hardcap: 34.000 ETH
  • Menerima: ETH, BTC, LTC
  • Volume maksimum token (termasuk bonus): ~ 95.000.000 DSCP
  • Minimum volume pembelian: tidak dibatasi; Maksimum volume pembelian: tidak dibatasi
  • Tidak dapat menarik token sebelum crowdsale selesai

78% token akan didistribusikan saat crowdsale, 20% untuk founder, dan 2% untuk kampanye marketing crowdsale. Dana yang terkumpul akan digunakan berdasarkan persentase berikut:

fund-allocation

  • 40% marketing
  • 30% pengembangan proyek
  • 15% penjualan
  • 10% legal
  • 5% tambahan modal (untuk menambah stabilitas finansial proyek)

Crowdsale akan berakhir apabila pengumpulan dana mencapai 34.000 ETH atau $15 juta (mana yang lebih dahulu tercapai).

Valuasi DSCP

Dengan asumsi hardcap dapat tercapai dengan total dana terkumpul sebesar 34.000 ETH atau $15 juta. Maka kita dapat menghitung faktor dilusi token akibat bonus, fee founder, dan marketing crowdsale.

dilution-dscp

Dari tabel dapat dilihat bahwa apabila kita menghitung nilai “riil” token DSCP, maka 0,0005 ETH akan berkurang menjadi 0.00046 ETH (terdilusi bonus) dan 0.00036 ETH (terdilusi bonus, fee founder, dan marketing crowdsale). Faktor dilusi keseluruhan tersebut sebesar 28%. Dengan demikian kita dapat melihat faktor dilusi sebesar 28% ini lebih kecil dari kebanyakan ICO yang umumnya diatas 30%.

Kesimpulan Investasi Disciplina

Proyek ini memiliki prospek yang sangat cerah, terlebih lagi belum ada konsep ICO sejenis (sepengetahuan penulis). Masa depan pendidikan nantinya memang akan beralih ke self learning dan penggunaan virtual class, sehingga platform pembelajaran seperti Disciplina ini memiliki masa depan yang sangat cerah. Akan tetapi, tentu saja semuanya tergantung dari timing, adopsi, dan kompetensi tim developer untuk membangun platform terpadu.

Apabila ditinjau dari validitasnya, penulis rasa ICO ini bukan scam, karena:

  • Terdapat youtube channel khusus dan video-video yang memperlihatkan anggota-anggota tim Disciplina, artinya identitasnya asli. Channel tersebut adalah https://www.youtube.com/channel/UCdRWnzR6WWEiaQlVqGHwOpg
  • Tim developer yang berpengalaman
  • Peringkat nilai yang tinggi pada berbagai situs penilai ICO, seperti ICOBench dan ICORating
  • Bounty bitcointalk.org dibuat oleh member dengan pangkat full-member https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=13508 dan persyaratannya cukup berat dibanding bounty lainnya
  • Kualitas whitepaper dan technical paper yang baik dan komprehensif

Dengan tingkat faktor dilusi yang termasuk kecil dan bonus apabila anda investasi sekarang, tidak ada salahnya apabila anda mencoba investasi. Namun ingat bahwa keuntungan yang tinggi umumnya disertai risiko yang tinggi

Penulis: mu_enrico

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Analisis ICO DISCIPLINA: Blockchain Rekrutmen & Edukasi," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/analisis-ico-disciplina-dscp/ (diakses pada 24 Sep 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.