Analisis Investasi AKAIITO: Ekosistem Mata Uang Digital


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Analisis Investasi AKAIITO: Ekosistem Mata Uang Digital (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on: medium and steemit

Initial Coin Offering (ICO) adalah mekanisme pengumpulan dana dengan cara menerbitkan token atau koin digital (disebut koin apabila mempunyai blockchain sendiri, disebut token apabila “menumpang” di blockchain ethereum atau ERC20 token) untuk mendanai proyek/perusahaan. Pada tulisan kali ini, penulis ingin menilai apakah ICO AKAIITO merupakan investasi yang memiliki prospek cerah. Penilaian ini dilakukan dengan cara studi dokumen dan analisis sederhana berdasarkan informasi yang diperoleh dari whitepaper dan situs web resmi AKAIITO. Disclaimer: Penulis bukan seorang programer maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi yang mungkin saja salah dan bisa diikuti ataupun diabaikan tanpa ada paksaan.

Apa itu AKAIITO?

AKAIITO adalah platform all-in-one untuk mempercepat terciptanya ekosistem mata uang digital. Disebut all-in-one karena dalam platform tersebut pengguna dapat menjual dan membeli barang, jasa, menyewakan properti, serta memiliki peta yang menunjukkan lokasi di mana pengguna dapat menggunakan token digital untuk melakukan transaksi.

Kita tahu bahwa mata uang digital sekarang ini belum banyak digunakan oleh kebanyakan orang, tidak banyak toko-toko yang mau menerima mata uang digital sebagai alat pembayaran, serta memiliki antarmuka aplikasi yang buruk alias tidak user-friendly. Pengguna mata uang digital lebih cenderung menggunakan mata uang digital sebagai alat lindung nilai dan investasi, bukan sebagai alat pembayaran. Oleh karena itu, disinilah AKAIITO berupaya untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan menciptakan suatu platform aplikasi yang memudahkan pengguna pemula melakukan kegiatan ekonomi secara digital.

akaiito-features

akaiito-in-nutshell

Kasus penggunaan AKAIITO dapat dilihat pada gambar di atas. Ketika pengguna terhubung dengan aplikasi AKAIITO dan mengakses lokasi, akan muncul titik-titik yang menerima pembayaran menggunakan token digital seperti kafe, restoran, bioskop, dsb. Pengguna juga dapat menyewa mobil maupun penginapan dalam aplikasi tersebut. Yang terakhir, pengguna dapat membeli (atau menjual) dengan token digital menggunakan fitur e-commerce dalam aplikasi tersebut. Apabila anda bergabung dengan AKAIITO, anda akan terhubung dengan perekonomian masa depan.

AKAIITO Token (AIC)

Proyek AKAIITO ini nantinya akan menerbitkan token AIC dengan nilai tukar 1ETH = 1000 AIC (atau 1 AIC = 0.001 ETH) pada saat pre-ICO. Token AIC ini nantinya digunakan sebagai mata uang digital untuk semua transaksi dalam aplikasi AKAIITO. Untuk membeli, anda dapat menggunakan dompet Ethereum yang mendukung fitur ERC20 token.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Distribusi total token:

  • Volume: 30.000.000 AIC (maksimum)
  • Penjualan: 75% -> token yang tidak terjual tidak akan diterbitkan
  • Marketing: 7%
  • Konsultan: 3%
  • Developer: 15%

ICO AKAIITO akan terbagi dalam pre-ICO dan ICO yang keduanya memiliki harga dan bonus yang berbeda:

Pre-ICO:

  • Volume: 1.000.000 AIC (maksimum)
  • Harga: 1 ETH = 1000 AIC
  • Minimum pembelian: 0.01 ETH (10 AIC)
  • Bonus: 60%
  • Periode: 12-02-2018 sampai 25-02-2018 (14 hari)

ICO:

  • Volume: 21.500.000 AIC (maksimum)
  • Harga: 1 ETH = 1000 AIC
  • Minimum pembelian: 0.01 ETH (10 AIC)
  • Bonus: 40% (48 Jam pertama), 30% (minggu pertama), 20% (minggu kedua), 10% (minggu ketiga), 5% (minggu keempat), 0% (minggu kelima dst.)
  • Periode: 10-03-2018 sampai 15-04-2018

ICO ini memiliki dua alokasi pendanaan yang berbeda, dengan soft-cap sebesar 1.000 ETH dan hard-cap sebesar 20.000 ETH

akaiito-fund-alloc

Menilai informasi dari situs web AKAIITO

Terdapat empat hal yang menjadi sorotan penulis, yaitu (1) kualitas situs web, (2) kualitas whitepaper, (3) Roadmap, dan (4) tim. Yang pertama, situs web AKAIITO didesain dengan unik dan menarik. Penulis selama mereview berbagai ICO jarang mendapati situs web yang “ramah,” rata-rata situs web lain menggunakan konsep futuristik. Desain ini mendukung slogan mereka “menggunakan mata uang digital untuk kehidupan sehari-hari,” yang dapat terwujud apabila mereka dapat merangkul pengguna dari semua kalangan (terutama yang non-teknikal). Apabila dilihat dari desainnya yang user-friendly, dapat kita harapkan kalau aplikasinya nanti juga user-friendly.

Kedua, kualitas whitepaper AKAIITO sayangnya kurang komprehensif. Whitepaper ini berformat presentasi yang lebih cocok untuk pitching. Meskipun demikian, whitepaper AKAIITO menjelaskan dengan detil dan menggunakan berbagai gambar skema yang mempermudah investor untuk memahami teksnya. Tidak komprehensifnya whitepaper ini bisa dipahami karena AKAIITO sendiri bukan teknologi blockchain sehingga tidak membutuhkan whitepaper yang teknikal. Apabila dari sudut pandang kontennya, maka whitepaper ini lebih tepat disebut sebagai proposal rencana bisnis.

Ketiga, AKAIITO memberikan jadwal rencana kerja sampai rilis platform di Desember 2018. Sayangnya rencana kerja ini kurang detail dan hanya memberikan gambaran umum saja.

akaiito-timeline

Pada bagian terakhir ditampilkan foto-foto para anggota tim AKAIITO yang ditautkan dengan id linkedin mereka. Lain halnya dengan profil ICO kebanyakan, profil foto mereka digarap dengan sangat baik. Hal ini sangat penting karena identitas mereka sudah dapat diketahui publik sehingga kecil kemungkinan akan terjadi penipuan. Hal yang kembali unik adalah posisi CEO AKAIITO dijabat oleh seorang perempuan. Berdasarkan dari penelusuran link, tim ini tergolong kurang memiliki reputasi. Meskipun demikian dari analisis informasi ini, bisa disimpulkan bahwa AKAIITO merupakan proyek yang valid.

akaiito-team

Menilai AKAIITO dari opini “pakar”

Pakar yang penulis maksud adalah blogger, vlogger, youtuber, dan sejenisnya yang sudah lama berkutat di konten tentang mata uang digital. Mereka tentunya sudah tidak asing lagi dengan ICO dan startup blockchain sehingga dapat memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan. Ketika menelusuri pencarian google, situs-situs rating belum ada yang memberikan rating pada proyek ini sehingga penulis akan mencoba memberikan bahan pertimbangan anda untuk berinvestasi, yaitu:

  • AKAIITO ini merupakan ide yang unik dan dapat menyelesaikan masalah tidak terhubungnya merchant, pengguna, dengan mata uang digital. Namun demikian AKAIITO bukan satu-satunya proyek semacam ini. Beberapa kompetitor AKAIITO diantaranya BeeToken dan Vestarin, tapi mereka sepertinya melakukan penetrasi di negara yang berbeda dan memiliki fokus yang berbeda.
  • Pembayaran dengan token dapat terkendala dengan regulasi pemerintah di daerah tertentu. Indonesia misalnya, telah melarang token sebagai alat pembayaran.
  • Kesiapan penerimaan masyarakat luas akan token digital pun masih diragukan. Sampai saat ini, masyarakat belum memiliki urgensi untuk menggunakan token digital sebagai alat pembayaran utama. Masyarakat masih cenderung menggunakan mata uang digital sebagai alat lindung nilai dan spekulasi.
  • Kemampuan tim AKAIITO masih belum teruji, kapabilitas mereka hal ini nantinya akan dapat dilihat saat mereka sudah meluncurkan aplikasi.

Valuasi sederhana token AIC

Pada bagian ini penulis akan mencoba menghitung (1) faktor dilusi, (2) real rate AIC, (3) harga dalam ETH, (4) kapitalisasi pasar

akaiito-price-calculation

Berdasarkan tabel terlihat bahwa ada perbedaan perhitungan dari harga beli AIC dengan harga “real” AIC akibat adanya dilusi. Hal ini disebabkan karena terdapat berbagai bonus dalam penjualan token, serta penerbitan token untuk marketing, konsultan, dan developer. Dengan asumsi bahwa hard-cap 20.000 ETH dapat tercapai dan modal awal proyek sebelum ICO dapat diabaikan, maka didapatkan faktor dilusi sebesar 33%.

Faktor dilusi ini maksudnya harga token 0.001 ETH tersebut berkurang sebesar 33% menjadi 0.00067 ETH. Maka dari itu, investor yang mendapatkan bonus sampai 40% tidak akan dirugikan oleh adanya dilusi ini.

Memang secara sekilas terlihat bahwa ICO ini membuat nilai investasi terdilusi cukup besar. Akan tetapi dengan kapitalisasi pasar yang hanya USD 18.000.000 (dengan asumsi 1 ETH = 900 USD) untuk startup yang unik, kapitalisasi pasar ini bisa dikatakan cukup rendah dan sangat berpotensi untuk naik. Nilai AIC ini dapat dengan mudah meningkat 10x dan mungkin akan lebih apabila nanti aplikasi AKAIITO dapat berfungsi dengan baik.

Kesimpulan investasi token AIC

Berinvestasi di ICO merupakan pilihan perjudian yang penuh risiko. Pengembang AKAIITO ini belum tentu akan dapat meluncurkan produk yang berfungsi tepat waktu dan dapat diterima oleh target pasar. Akan tetapi, apabila mereka mampu menepati janjinya maka return sebesar ribuan persen dapat anda terima. Sangat masuk di akal apabila anda ingin berinvestasi di ICO ini, karena:

  • Para anggota tim AKAIITO merespon pertanyaan penulis dengan sangat baik.
  • Harga token yang murah.
  • Faktor dilusi yang relatif lebih kecil dari ICO kebanyakan.
  • Tim memiliki kemampuan membuat antarmuka yang user-friendly.
  • Kapitalisasi pasar yang kecil membuat peluang peningkatan nilai menjadi tinggi.
  • Proyek ini memiliki potensi yang sangat besar apabila dapat diterima oleh pengguna.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat mengunjungi tautan berikut ini:

Ditulis oleh: mu_enrico

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Analisis Investasi AKAIITO: Ekosistem Mata Uang Digital," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/analisis-investasi-akaiito/ (diakses pada 24 Sep 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.