Analisis Investasi OTPPAY: Platform Pembayaran Berfitur Lengkap


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Analisis Investasi OTPPAY: Platform Pembayaran Berfitur Lengkap (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on steem.it and medium

Perkembangan teknologi finansial dewasa ini sangatlah pesat. Berbagai proyek startup bermunculan untuk mencoba memberikan solusi permasalahan mata uang digital (cryptocurrency). Salah satu proyek besar yang sangat menarik untuk dibahas kali ini adalah proyek OTPPAY yang merupakan singkatan dari “Omni Token Platform for Payments.” Disclaimer: Penulis bukan seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi yang mungkin saja salah dan bisa diikuti ataupun diabaikan tanpa ada paksaan.

Apa Itu OTPPAY?

Sesuai dengan namanya, OTPPAY akan menjadi platform terbesar di mana semua aset-aset digital yang bernilai dapat dibeli, ditukar, maupun digunakan untuk membayar barang/jasa. Secara sederhana, bisa diibaratkan anda akan memiliki sebuah aplikasi bank canggih dalam genggaman tangan anda.

Dalam aplikasi ini, anda akan dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Dompet
Didukung dengan teknologi blockchain, anda akan dapat menyimpan aset-aset digital (bitcoin, ethereum, dsb) dengan aman. Tentu saja anda juga dapat mengirim/menerima aset tersebut dari/ke dompet anda. Dompet ini akan dilengkapi dengan fitur keamanan 24/7 untuk mencegah transaksi-transaksi yang mencurigakan.

2. Bursa Perdagangan
Dengan menggunakan OTPPAY, anda akan dapat membeli aset digital langsung menggunakan mata uang fiat dengan lebih mudah. Kemudian, anda juga dapat melakukan tukar-menukar satu aset digital dengan aset digital lainnya seperti bursa mata uang kripto pada umumnya. AI juga diimplementasikan pada aplikasi OTPPAY sehingga anda akan dibantuk dengan berbagai alat analisis untuk memprediksi tren pasar.

otppay-app

3. Kartu Debit OTPPAY
Untuk membeli barang/jasa dari pedagang, saat ini masih belum banyak yang dapat menerima mata uang kripto secara langsung. Maka dari itu, diperlukan jembatan aplikasi yang digunakan sebagai perantara pertukaran mata uang fiat ke mata uang kripto (dan sebaliknya). Aplikasi ini akan bekerja di belakang layar dan terjadi secara cepat sehingga seolah-olah anda dapat membayar langsung menggunakan mata uang kripto.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

4. Transaksi Menggunakan QR Code & NFC
Aplikasi OTPPAY memungkinkan anda melakukan pemindaian QR Code dan tap NFC untuk memudahkan transaksi. Meskipun menggunakan aplikasi tersebut, identitas dan privasi pembeli tetap mendapatkan perlindungan. Aplikasi ini tentu akan memudahkan pembayaran di supermarket ataupun di merchant yang mendukung pembayaran dengan sistem ini.

otppay-payment

5. Pinjaman OTPPAY
Aplikasi OTPPAY juga memberikan opsi pinjaman jangka pendek bagi merchant. Merchant OTPPAY dapat meminjam 2x sampai 5x penjualan bulanan sebagai kredit jangka pendek. Limit kredit akan dikalkulasi menggunakan performa penjualan, skor CCR, dan mekanisme-mekanisme lain. Persetujuan pinjaman akan dimonitor menggunakan smart contract.

otppay-architecture

Apa Itu OTPPAY Token atau OTP?

OTP merupakan token utilitas dalam platform OTPPAY. Hanya pemegang token OTP inilah yang dapat menggunakan platform OTP. Tanpa token OTP, tidak ada transaksi yang dapat dilakukan.

Setiap seseorang melakukan pembayaran/transaksi, fee sejumlah 0.5% dari nilai transaksi diambil dari OTP untuk digunakan sebagai GAS. Dengan demikian kepemilikan token OTP ini bisa diibaratkan sebagai simpanan GAS untuk melakukan transaksi di masa depan.

Misalnya seseorang yang memiliki 2 BTC dan 1 OTP ingin membayar secangkir kopi seharga 10$ menggunakan BTC yang saat itu bernilai 10.000$. Ketika transaksi terjadi, kopi tersebut menjadi bernilai $10.05 karena ada charge sebesar 0.5%. Dengan mekanisme: (1) Aplikasi mereduksi bitcoin sebesar 0.0010 BTC menjadi 1.9990 BTC. (2) asumsikan harga token OTP 5$ maka OTP akan tereduksi sebesar 0.0010 OTP menjadi 0.9990 OTP.

Tanpa adanya mekanisme ini, seseorang harus menunggu waktu lama untuk dapat melakukan transaksi menggunakan BTC (atau mata uang kripto lainnya) sebelum mendapatkan sejumlah konfirmasi yang dibutuhkan. Misalnya menggunakan BTC toko menghendaki 10 konfirmasi, maka 10 x 10 menit = 100 menit.

Investasi pada ICO OTPPAY

Apakah proyek semacam ini memang harus menggunakan token utilitas, ataukah ketika token dihilangkan aplikasi ini masih dapat berjalan?

Sejujurnya aplikasi ini tidak membutuhkan token untuk transaksi, misalnya menggunakan contoh di atas, langsung saja 0.5% fee diambil dari BTC (atau aset digital lain) yang digunakan sebagai transaksi. Namun karena proyek ini juga membutuhkan platform smart contract ethereum, maka token secara otomatis akan diperlukan. Token ini mengijinkan berbagai kontrak dieksekusi menggunakan platform ethereum yang tentunya membutuhkan GAS. Maka dari itu, investasi ini sangat masuk akal.

Valuasi Token OTP

Menggunakan perhitungan market cap sederhana, mari kita coba menghitung faktor dilusi apabila anda ingin berinvestasi di ICO ini:

Private (sudah terlaksana)
Jumlah token = 61.000.000 OTP | Market cap = 1.159 ETH

Pre-ICO (sudah terlaksana)
Jumlah token = 21.000.000 OTP (termasuk bonus 20%) | Market cap = 1.097 ETH

ICO Tahap 1 (sedang berlangsung)
Jumlah token = 345.000.000 OTP (termasuk bonus 15%) | Market cap = 37.500 ETH

ICO Tahap 2 (akan berlangsung)
Jumlah token = 264.000.000 OTP (termasuk bonus 10%) | Market cap = 30.000 ETH

Total dari penjualan (asumsi ICO sesuai rencana)
Jumlah token = 691.000.000 OTP | Market cap = 69.756 ETH | Nilai 1 token = 0,0001009 ETH

Total token diterbitkan (asumsi ICO sesuai rencana)
Jumlah token = 1.000.000.000 OTP | Market cap = 71.250 ETH | Nilai 1 token = 0,00007125 ETH

Faktor dilusi rata-rata = 34,63%

Berdasarkan simulasi di atas didapatkan faktor dilusi rata-rata sebesar 34,63% yang berarti untuk setiap token yang dibeli, nilainya akan berkurang sebesar 34,63% karena penerbitan token untuk bonus-bonus dan mendanai developer. Besarnya faktor dilusi ini mirip dengan ICO kebanyakan. Semakin anda menunda investasi, semakin anda akan merasakan faktor dilusi ini karena bonus yang semakin sedikit.

Kesimpulan Investasi OTPPAY

Proyek ini memiliki prospek yang cerah, akan tetapi terdapat risiko yang besar mengingat sudah ada proyek lain sejenis.
Kompetitor OTPPAY diantaranya adalah TenX, OmiseGO, Crypterium, PundiX, dan Amon.
Apabila ditinjau dari validitasnya, penulis rasa ICO ini bukan scam, karena:

  1. Terdapat youtube video yang memperlihatkan anggota tim OTPPAY, artinya identitasnya asli, yaitu https://www.youtube.com/watch?v=6GdeVPwElCw dan https://www.youtube.com/watch?v=HyHACeklm_8
  2. Prototipe aplikasi
  3. Bounty bitcointalk.org dibuat oleh member dengan pangkat legendary https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=86907
  4. Alamat 0xa04ebf9bf9994ec776b6e8621b8ac75e32767dcd merupakan alamat smart contract yang valid
  5. Kualitas whitepaper yang baik

Dengan tingkat faktor dilusi yang masuk akal dan bonus yang besar apabila anda investasi sekarang, tidak ada salahnya apabila anda mencoba investasi. Namun ingat bahwa keuntungan yang tinggi umumnya disertai risiko yang tinggi.

Penulis: mu_enrico

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Analisis Investasi OTPPAY: Platform Pembayaran Berfitur Lengkap," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/analisis-investasi-otppay/ (diakses pada 20 Jun 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.