Menilai ICO Crypterium (CRPT), Apakah SCAM atau VALID?


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Menilai ICO Crypterium (CRPT), Apakah SCAM atau VALID? (untuk menghemat pemakaian data).

Initial Coin Offering (ICO) adalah mekanisme pengumpulan dana dengan cara menerbitkan token atau koin digital (disebut koin apabila mempunyai blockchain sendiri, disebut token apabila “menumpang” di blockchain ethereum atau ERC-20 token) untuk mendanai proyek/perusahaan. Pada tulisan kali ini, penulis ingin menilai apakah ICO Crypterium merupakan penipuan ataukah benar-benar pendanaan yang valid dengan cara studi dokumen dan analisis sederhana berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs web resmi Crypterium. Disclaimer: penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi yang bisa diikuti ataupun diabaikan tanpa ada paksaan.

Apa itu Crypterium?

Crypterium adalah proyek bank koin digital atau disebut sebagai cryptobank. Dalam whitepapernya[1], Crypterium akan memiliki aplikasi consumer mobile banking untuk mata uang digital yang termasuk: dompet koin digital (Cryptowallet), pasar mata uang digital (CrypteriumSX), dan fungsi aplikasi mobile banking standar seperti pembayaran dan transfer mata uang fiat. Selain itu, Cryptobank ini juga akan melayani transaksi bisnis dengan aplikasi pembayaran melalui QR Code, E-Commerce, dan jasa pembayaran otomatis.

wallet-cryperium

Prototipe dompet Crypterium

Crypterium juga berencana membuat OpenAPI Platform yang merupakan platform bank yang merupakan landasan dari solusi untuk ekonomi yang terdesentralisasi. Platform ini memiliki struktur yang modular sehingga mudah untuk diimplementasikan ke beragam perangkat lunak yang berbeda, AppStore untuk solusi-solusi mata uang digital, dan “sandbox” untuk pengembangan tahap awal, serta software debugging. Terakhir, Crypterium juga menyediakan fasilitas pinjaman seperti bank-bank tradisional.

Token Crypterium (CRPT)

ICO akan menerbitkan token CRPT yang dapat dibeli seharga 0,0001 BTC dengan minimal pembelian 75 token (total 0,0075 BTC) atau seharga Rp. 1.471.829,- saat artikel ini ditulis. Pemegang token ini nantinya akan memiliki keuntungan:[1]

  • Token ini berharga karena akan terus meningkat nilainya. 0,5% dari token ini akan hilang ketika pengguna melakukan transaksi apapun dalam aplikasi Crypterium. Dapat diibaratkan bahwa 0,5% nilai yang hilang ini adalah biaya transaksi.
  • Token ini berharga karena CRPT hanya akan didapat dari ICO, sehingga pengguna yang ingin menggunakan aplikasi Crypterium harus membeli token dari pengguna yang mengikuti ICO.
  • Pemilik dan pengguna token akan mendapatkan “tokenback” yang bergantung dari kelompok dan berapa besar penggunaan token tiap bulan. Fasilitas ini terdapat pada program Monthly Loyalty Program (MLP).
  • Prioritas diskon maupun fasilitas lain pada fitur-fitur yang baru diluncurkan

Tapi apakah cryptobank memang layak untuk melakukan ICO dan menerbitkan token sendiri? Ini adalah pertanyaan fundamental ketika melihat suatu proposal ICO layak investasi atau tidak. Menurut penulis, pertukaran uang fiat dan koin digital dan fitur-fitur lain yang ditawarkan memang sudah sewajarnya menggunakan smart contract, sehingga penerbitan token ini dapat dibenarkan.

crypterium-home-page

Tampilan halaman depan situs Crypterium.io

Menilai Crypterium (CRPT) dari Situs Webnya

Developer yang berjanji membuat platform yang bombastis seperti cryptobank sudah seharusnya mampu membuat situs web yang berfungsi secara sempurna. Dapat dilihat dari tampilan situs https://crypterium.io/, situs tersebut menjelaskan proposal nilai dengan baik, didesain dengan sangat baik, serta memiliki backend yang berfungsi dengan sempurna. Sampai pada tulisan ini dibuat, penulis sudah mencoba membeli CRPT sebanyak 75,73 CRPT tanpa kesulitan. Pengguna hanya perlu membaca baik-baik tiga langkah mudah dalam membeli CRPT. Memang akan ada delay ketika mengirimkan koin digital seperti BTC, ETH, LTC, dll. tetapi penulis sukses mendepositkan ETH hanya dalam waktu kurang lebih 20 menit. Setelah deposit, jangan lupa untuk membeli karena deposit tidak langsung otomatis membeli CRPT.

beli-crypterium

Jangan lupa langkah 3, beli CRPT

Pada bagian bawah akan ditampilkan banyak foto para anggota tim Crypterium yang ditautkan dengan id linkedin mereka. Hal ini sangat penting karena identitas mereka sudah dapat diketahui publik sehingga kecil kemungkinan akan terjadi SCAM. Para orang-orang di foto tersebut akan bertaruh nyawa apabila bermain-main dengan jumlah uang sebesar $47 juta. Penulis juga sedikit menelusuri apakah mereka memang “believer” dalam dunia koin digital. Dari Youtube diperoleh ternyata Vladimir Gorbunov, co-founder Crypterium, pernah bertanya pada Vitalik Buterin tentang cryptobank[2]. Oleh karena itu kesimpulan dari analisis situs web ini, CRPT merupakan investasi yang cukup valid.

crypterium-team

Tim Manajemen CRPT

Menilai Crypterium (CRPT) dari Opini “Pakar”

Pakar yang penulis maksud adalah blogger, vlogger, youtuber, dan sejenisnya yang sudah lama berkutat di konten tentang mata uang digital. Mereka tentunya sudah tidak asing lagi dengan ICO dan startup sejenis Crypterium ini sehingga dapat memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan. Ketika menelusuri forum dan situs yang mengulas Crypterium, memang umumnya mereka mengatakan kalau ICO ini adalah penipuan atau scam[3][4][5], namun logika mereka tidak tepat. Menurut opini penulis, ICO ini dapat dikatakan penipuan bila:

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

  • Setelah transfer, pembeli tidak memperoleh token yang dijanjikan.
  • Setelah dana mencapai hardcap, manajemen tidak mengerjakan proyek dan lari dengan uang $47 juta tersebut.

Sumber-sumber yang mengatakan CRPT adalah penipuan menggunakan argumen bahwa mereka menjanjikan sesuatu yang bombastis tanpa didukung bukti, misalnya “5 alasan mengapa Crypterium dapat menjadi sesuatu yang besar” dan “5 alasan mengapa anda harus membeli token CRPT.” Hal ini sangat biasa dalam dunia startup bisnis ketika “pitching.” Janji-janji tersebut besar kemungkinannya tidak akan terpenuhi karena statistik menunjukkan 99% startup akan gagal. Ketika mereka gagal dan anda kehilangan investasi anda, maka itulah risiko dunia investasi pada startup (very high risk, very high return). Kesimpulannya, Crypterium adalah ide yang briliant dengan tim yang kurang terkenal dan tentunya dengan masa depan perusahaan yang belum diketahui.

Valuasi Sederhana Token CRPT

Apabila kita asumsikan hardcap $47 juta dapat terpenuhi dengan jumlah token pre-payment 210 juta, maka setelah memasuki exchange nilai minimum CRPT adalah 0,223$ dengan market cap $47 juta. Nilai ini 6,63x lebih kecil dari harga jual ICO token CRPT sebesar $1,48 (nilai tukar saat artikel ini ditulis). Akan tetapi apabila kita menilik market cap koin sejenis maka koin CRPT ini sebenarnya sangat murah, misalnya:[6]

  • Binance Coin (BNB) dengan market cap $931 juta atau 19,8x market cap CRPT.
  • OmiseGO (OMG) dengan market cap $2,1 milyar atau 44,68x market cap CRPT.
  • Ripple (XRP) dengan market cap $132,862 milyar atau 2.826,85x market cap CRPT.

Katakanlah setelah diperdagangkan market cap CRPT akan setara dengan market cap BNB, maka nilai satu CRPT setidaknya akan menjadi 0,223 * 19.8 = $4,42 atau return sebesar 199%. Token ini masih sangat leluasa pergerakannya dari segi market cap sehingga sangat menarik untuk “pump and dump” ketika nanti memasuki pasar. Bisa dibayangkan ketika nanti pasar memainkan token ini sampai market cap OMG. Selain potensi dari permainan pasar, apabila CRPT dapat mewujudkan janjinya dengan mengirimkan produk yang berfungsi tepat waktu, kita akan melihat mungkin token ini akan sampai pada market cap XRP. Saat itulah penulis mungkin akan pensiun 😀

UPDATE 13 JAN 2018:
Berdasarkan hasil ICO, uang sebesar 51.656.963 USD berhasil dikumpulkan dan karena harga BTC naik dari 7.000 USD saat awal ICO ke 14.000 USD saat akhir ICO, maka jumlah token CRPT yang terjual jauh lebih sedikit dari batas teknis 300 juta token yang dapat dirilis. Menurut hitungan penulis, mungkin hanya sekitar 45,5 juta sampai 55,5 juta token nantinya yang akan dirilis. Berdasarkan asumsi tersebut maka nilai “buku” satu token CRPT adalah 0,93-1,13 USD dengan kapitalisasi pasar sebesar 51,7 juta USD. Dengan demikian apabila kita menilik market cap koin sejenis maka koin CRPT ini sebenarnya sangat murah, misalnya:

  • TenX (PAY) dengan market cap $368,4 juta atau 7,13x market cap CRPT. Proyeksi harga CRPT 6-8 USD
  • Binance Coin (BNB) dengan market cap $2,2 milyar atau 42,63x market cap CRPT. Proyeksi harga CRPT 40-48 USD
  • OmiseGO (OMG) dengan market cap $2,4 milyar atau 46,39x market cap CRPT. Proyeksi harga CRPT 43-53 USD

Kesimpulan Investasi Token CRPT

Berinvestasi di ICO merupakan pilihan perjudian yang penuh risiko. Startup Crypterium ini belum tentu akan dapat meluncurkan produk yang berfungsi tepat waktu dan dapat diterima oleh target pasar. Akan tetapi, apabila mereka mampu menepati janjinya maka return sebesar ribuan persen dapat anda terima. Yang jelas, penulis dapat melakukan deposit dan membeli token dengan mudah. Ini merupakan sinyal baik bahwa mereka mampu membuat sistem pembayaran dan tentunya bukan merupakan penipuan. Strategi yang paling tepat mungkin adalah menjual sebagian token ini ketika mencapai target return sebesar $4,42 per token untuk mengembalikan investasi, lalu membiarkan sisanya diombang-ambing pasar. Untuk diskusi lebih lanjut ada threadnya di bitcointalk.

Untuk anda yang ingin spekulasi, dapatkan 1% bonus token dengan menggunakan referral ini: https://tokensale.crypterium.io/?ref=d2dbb970b7b60a4dc78083ec

Referensi
  1. Anonim, 2017, “CRYPTERIUM WHITEPAPER VERSION 1.0 L 31.10.2017,” Crypterium.io, https://crypterium.io/wp/index.html?v=1.43 (diakses 5 Januari, 2017).
  2. Crypterium TV, 2017, “Vitalik Buterin about cryptobank prospects” Youtube.com, https://www.youtube.com/watch?v=tWcIIBtrzME (diakses 5 Januari, 2017).
  3. Collin, T., 2017, “https://cybermentors.org.uk/crypterium-review-scam-cryptobank/” Cybermentors.org.uk, https://cybermentors.org.uk/crypterium-review-scam-cryptobank/ (diakses 5 Januari, 2017).
  4. Deeponion Members, 2017, “Thoughts Of Crypterium?” Deeponion.org, https://deeponion.org/community/threads/thoughts-of-crypterium.15499/ (diakses 5 Januari, 2017).
  5. Hewlett, M., 2017, “What is your review of Crypterium ICO?” Quora.com, https://www.quora.com/What-is-your-review-of-Crypterium-ICO (diakses 5 Januari, 2017).
  6. Anonim, 2018, “Cryptocurrency Market Capitalizations” Coinmarketcap.com, https://coinmarketcap.com/ (diakses 5 Januari, 2017).

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Menilai ICO Crypterium (CRPT), Apakah SCAM atau VALID?," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/menilai-ico-crypterium/ (diakses pada 24 Sep 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.