Review ICO Online.io: Ekosistem Internet yang Bebas Iklan


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Review ICO Online.io: Ekosistem Internet yang Bebas Iklan (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on steem.it and medium

oio-head-banner

Perkembangan teknologi blockchain yang pesat membuat era token economy atau yang biasa disebut Tokenomy sudah semakin dekat. Saat ini berbagai perusahaan rintisan mulai merancang konsep untuk menggunakan token dalam suatu ekosistem yang ditenagai oleh blockchain. Salah satunya adalah Online.io, suatu platform yang dapat membuat publisher memonetisasi konten webnya tanpa menggunakan iklan. Konsekuensinya, pengalaman browsing pengguna menjadi lebih nyaman, cepat, dan aman. Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi yang mungkin saja salah dan bisa diikuti ataupun diabaikan tanpa ada paksaan.

Daftar isi

Artikel ini membahas: (1) Latar belakang adanya Online.io; (2) Apa itu Online.io?; (3) Token Online.io (OIO); (4) Valuasi token Online.io (OIO); (5) Kesimpulan investasi OIO.

Latar Belakang Adanya Online.io

Sentimen pengguna terhadap iklan di internet semakin menurun. Sebagian besar pengguna menyatakan bahwa saat ini iklan menjadi semakin intrusif dan mereka juga pernah menutup browser karena adanya pop-up iklan. Konsumen semakin tidak dapat menoleransi iklan karena:

  • Intrusif dan distruptif
  • Menimbulkan masalah keamanan
  • Mempengaruhi load time dan bandwidth

Sebagian besar pengguna sangat was-was dengan adanya masalah keamanan dan privasi. Kita tahu bahwa data-data perilaku pengguna dilacak dan direkam untuk kemudian digunakan untuk keuntungan pihak lain. Teknik pelacakan yang semakin canggih saat ini dapat melacak minat, atribut, aktivitas belanja, tempat yang dikunjungi pengguna, dll. Terlebih lagi pengguna tidak memiliki akses terhadap data-data yang terkumpul dan tidak bisa melakukan koreksi apabila terjadi kesalahan.

oio-solution

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Apa itu Online.io?

Online.io adalah suatu platform yang dapat membuat publisher memonetisasi konten webnya tanpa menggunakan iklan. Dengan menggunakan solusi online.io, pengguna internet akan dapat menikmati internet yang bebas iklan, sementara operator web masih dapat menerima kompensasi finansial berdasarkan proof of online.

Online.io akan melindungi pengguna menggunakan script anti-malware dan ad-blocking yang dapat melindungi data personal pengguna dan sekaligus meningkatkan keamanan. Online.io juga melengkapi platform mereka dengan tracking script blocker yang dapat mencegah pelacakan aktivitas real-time pengguna.

Komponen-Komponen Online.io

  • Ekstensi browser yang dapat digunakan untuk semua broser utama baik desktop maupun mobile.
  • Marketplace menggunakan sistem merchant internal yang dibangun khusus.
  • Dompet yang dapat digunakan pada semua broser utama baik desktop maupun mobile.
  • Aplikasi mobile yang mendukung fungsi dompet, ad blocker, tracking script blocker, dan anti malware.
  • Merchant modul/API yang mengijinkan merchant menerima pembayaran menggunakan mata uang kripto.

Manfaat Online.io

Bagi pengguna situs web:

  • Bebas iklan
  • Bebas malware
  • Tidak bisa dilacak
  • Komunitas web yang terpercaya

Bagi operator situs web:

  • Meningkatnya kualitas halaman situs web
  • Meningkatnya performa (load time) dan bandwidth
  • Memiliki peluang sumber pemasukan baru

Token Online.io (OIO)

Token OIO ini diterbitkan untuk mendanai pengembangan platform Online.io sekaligus sebagai Proof-of-Stake (POS) untuk menghasilkan token ICE. Token ICE ini selain diperoleh dari POS OIO, juga dapat ditambang dengan konsep Proof-of-Elapsed-Time (POET) atau bukti pengguna melakukan aksi tertentu dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, ketika pengguna menghabiskan waktu pada situs web yang menggunakan platform Online.io. Sejumlah tetap token ICE akan didistribusikan setiap minggu pada situs web yang menggunakan Online.io dan pemilik token OIO yang menyimpan token mereka pada dompet khusus.

Bagan Ekosistem Online.io

Token OIO dapat dibeli oleh pengguna internet maupun web operator yang menggunakan solusi Online.io. Token OIO tersebut dapat dikunci di dompet khusus untuk menghasilkan token ICE, hal ini mirip seperti bunga atau dividen saham. Inilah yang disebut sebagai Proof-of-Stake (POS). Token OIO ini akan diperdagangkan di bursa sehingga dapat ditukar menjadi koin lain.

oio-ecosystem

Ketika pengguna menghabiskan waktu pada situs web yang mengimplementasikan solusi Online.io, operator web juga mendapatkan token ICE. Inilah yang disebut dengan Proof-of-Elapsed-Time (POET). Token ICE dapat digunakan untuk jual-beli pada marketplace atau merchant, maupun diperdagangkan pada bursa. Sementara itu pengguna akan mendapatkan TST Token, yaitu token “trust” untuk dapat memeringkat situs web. Token TST ini tidak diperdagangkan.

Investasi pada ICO/TGE Online.IO

  • Simbol: OIO
  • Harga token saat TGE: 1 OIO = $ 0,04
  • Softcap: $ 5.000.000
  • Hardcap: $ 50.000.000
  • Menerima: ETH, BTC, LTC, BCH, BTG, DASH, ETC
  • Volume maksimum token (termasuk bonus): 2.500.000.000 OIO
  • Token yang tidak terjual akan dihapus
  • Hanya akan ada satu kali Token Generation Event (TGE)
  • Mulai pre-sale: 15 Juni 2018
  • Mulai public-sale: 10 Juli 2018
  • TGE berakhir: 31 Juli 2018

Token akan didistribusikan menurut persentase berikut:

  • 70% Komunitas OIO (TGE)
  • 15% Perusahaan
  • 10% Marketing
  • 5% Advisor

Valuasi Token Online.io (OIO)

Dengan asumsi hardcap dapat tercapai dengan total dana terkumpul sebesar $50 juta. Maka kita dapat menghitung faktor dilusi token akibat bonus, fee perusahaan, marketing, dan advisor.

dilution-oio

Dari tabel dapat dilihat bahwa apabila kita menghitung nilai “riil” token OIO, maka $ 0,04 akan berkurang menjadi $ 0,02857 (terdilusi bonus) dan $ 0,02 (terdilusi bonus, fee perusahaan, marketing, dan advisor). Faktor dilusi keseluruhan tersebut sebesar 50%. Dengan demikian kita dapat melihat faktor dilusi sebesar 50% ini lebih besar dari kebanyakan ICO yang umumnya sekitar 30%-35%.

Melihat hal ini, timbul pertanyaan apakah proyek ini menguntungkan? Token OIO ini nanti bisa digunakan untuk staking, dan anda akan mendapatkan token ICE sehingga apabila nanti diperdagangkan di bursa harga umumnya tidak akan jatuh karena investor akan menyimpan token ini. Terlebih lagi, apabila anda membeli saat pre-sale, anda akan dapat membeli OIO dengan bonus 25% untuk mengkompensasi faktor dilusi.

Kesimpulan Investasi OIO

Proyek ini memiliki prospek yang sangat cerah, terlebih lagi belum ada konsep ICO sejenis (sepengetahuan penulis). Teknologi ini akan membuat ekosistem internet sehat yang bebas iklan dengan cara monetisasi baru bagi operator situs web, sehingga apabila platform ini menjadi mainstream, token OIO, ICE, dan TST akan menjadi sangat bernilai. Terlebih lagi proyek ini akan melibatkan pengguna internet dan operator situs web dengan model bisnis yang brilian dan logis. Akan tetapi, tentu saja semuanya tergantung dari timing, adopsi, dan kompetensi tim developer untuk membangun platform yang berkualitas.

oio-team

Apabila ditinjau dari validitasnya, penulis rasa ICO ini BUKAN scam, karena:

  • Terdapat youtube channel khusus dan video-video yang memperlihatkan anggota-anggota tim Online.io, artinya identitasnya asli. Channel tersebut adalah https://www.youtube.com/channel/UCkmFqOjm3-1NjGxeATN1b_A
  • Tim Online.io juga terlibat dalam berbagai pertemuan dan roadshow sehingga mereka terlihat percaya diri dan benar-benar memiliki passion untuk mengembangkan platform ini.
  • Peringkat nilai yang tinggi pada berbagai situs penilai ICO, seperti TrackICO dan ICOBench.
  • ANN bitcointalk.org dibuat oleh member dengan pangkat legendary https://bitcointalk.org/index.php?topic=3452258
  • Memiliki whitepaper, onepager, dan presentasi yang berkualitas cukup baik.

Namun harap dicatat karena secara konsep proyek ini adalah proyek masa depan (jangka panjang) maka anda harus bersabar dalam menghadapi fluktuasi harga yang umumnya cenderung menurun. Akan tetapi, staking OIO untuk mendapatkan ICE secara alamiah akan membuat koin ini cenderung naik nilainya dan proyek ini apabila sukses akan memberikan return yang sangat tinggi.

Penulis: mu_enrico

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Review ICO Online.io: Ekosistem Internet yang Bebas Iklan," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/review-ico-online-io-ekosistem-internet-yang-bebas-iklan/ (diakses pada 25 May 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.