Ulasan ROCKZ: Koin Stabil Berbasis Swiss Franc (CHF)


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Ulasan ROCKZ: Koin Stabil Berbasis Swiss Franc (CHF) (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on steem.it and medium

Rockz-header

Mata uang kripto adalah penemuan disruptif yang dapat membuat transaksi P2P dilakukan dengan cepat dan murah. Namun demikian, fluktuasi nilai yang terlalu ekstrim membuat penggunaan mata uang digital secara praktis sangat minim. Kestabilan nilai sangat dibutuhkan untuk jual-beli barang dan jasa karena penjual membutuhkan margin keuntungan yang pasti. Maka dari itu, Alprockz AG meluncurkan proyek koin stabil yang bernama ROCKZ yang diikat ke mata uang fiat Swiss Franc (CHF) untuk mengurangi risiko akibat volatilitas mata uang kripto.

Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi, bukan saran finansial.

Daftar isi

Artikel ini membahas: (1) Konsep Bisnis; (2) Strategi Marketing; (3) Team ROCKZ; dan (4) Kelayakan Investasi.

Konsep Bisnis ROCKZ

Proyek ROCKZ menggunakan konsep dua token, yaitu token ROCKZ (RKZ) dan token Alprockz (APZ). Token ROCKZ (RKZ) merupakan token ERC-223 yang diikat ke Swiss Franc (CHF) dengan rasio 1:1 yang nantinya dapat dipergunakan untuk transaksi keuangan yang lebih stabil. Sedangkan token Alprockz (APZ) adalah token ERC-20 yang dipergunakan sebagai token utilitas untuk mengakses platform ROCKZ, selain itu pengguna akan mendapatkan beraneka diskon biaya transaksi berdasarkan kepemilikan token APZ tersebut. Untuk dapat menggunakan platform ROCKZ, pengguna harus memiliki sejumlah APZ:

  • Topas (500 APZ): akses ke platform ROCKZ
  • Ruby (1500 APZ): akses ke platform ROCKZ, fasilitas kartu kredit
  • Diamond (3000 APZ): akses ke platform ROCKZ, fasilitas kartu kredit, fasilitas kredit dengan jaminan

Berdasarkan penjelasan di atas, jelas bahwa Alprockz AG mendapatkan penghasilan dari biaya transaksi kripto-kripto dan kripto-fiat, selain itu dari spread market maker. Menurut penulis, konsep bisnis ini sangat masuk akal.

Model bisnis ini tidaklah terlalu jauh berbeda dengan kompetitor ROCKZ, akan tetapi ROCKZ memiliki kelebihan yang menonjol dibandingkan dengan Tether misalnya. ROCKZ memiliki kepemilikan langsung, melakukan audit (transparansi), memisahkan aset, dan memberikan perlindungan kepada pemegang token RKZ ketika terjadi kebangkrutan. Lihat tabel berikut:

Rockz-comparison-table

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Bisa dikatakan bahwa token ROCKZ merupakan token yang superior di sektor koin stabil.

Strategi Marketing ROCKZ

Sebagai salah satu cara mendapatkan user base yang kuat, ROCKZ melakukan ICO dan mengadakan program kampanye bounty yang sudah terbukti dapat meningkatkan jangkauan basis pengguna mata uang kripto. Selain itu mereka juga aktif dalam konferensi blockchain untuk berjumpa dengan calon investor dan crypto enthusiast. Pada tanggal 27 November 2018 – 1 Desember 2018, ROCKZ mengikuti konferensi BlockShow Asia di Singapura.

Rockz-Blockshow-1Rockz-Blockshow-2Rockz-Blockshow-3

Sebelumnya, mereka juga memenangkan kompetisi pitching di Block Surf Seoul.

Rockz-Blocksurf-1Rockz-Blocksurf-2

Team ROCKZ

Rockz memiliki tim yang transparan dan komunikatif. Hal ini terlihat dari berbagai video-video yang diunggah ke Youtube yang menjelaskan pengenai proyek ROCKZ serta merupakan bukti bahwa identitas mereka adalah asli. Oleh karena itu, video wawancara ini merupakan sinyal yang sangat kuat bahwa proyek ini adalah proyek sungguhan (atau legit).

Rockz-Yassine-Ben-HamidaRockz-Gabriel-RossettiRockz-Alexey-Borichev

Pada dasarnya team ROCKZ memiliki latar belakang bankir, sehingga mereka memiliki pengetahuan yang memadai untuk mewujudkan koin stabil ini berdasarkan hukum (legalitas) yang benar. Sehingga menurut penulis, proyek ini kemungkinan besar tidak akan mendapatkan kendala dalam masalah perizinan karena Swiss merupakan negara yang tepat untuk proyek ini.

Kelayakan Investasi

Proyek koin stabil ini memiliki risiko yang rendah karena token ROCKZ (RKZ) diikat dengan Swiss Franc (CHF) dengan rasio 1:1, Swiss Franc sendiri merupakan mata uang fiat yang paling stabil di dunia karena Swiss merupakan negara maju yang stabil dalam geopolitik, tidak seperti USD yang bisa berfluktuasi akibat kebijakan geopolitik US (misalnya dengan perang).

Setelah melakukan riset sederhana, penulis rasa ICO ini BUKAN scam, karena:

  • Merupakan proyek dari perusahaan Swiss (Alprockz AG dan ROCKZ AG), Swiss adalah negara yang sangat baik dalam legalitas perbankan dan perlindungan nasabah;
  • Model bisnis yang realistis dan sederhana;
  • Identitas anggota tim adalah asli, terdapat video-video youtube yang membuktikan hal ini;
  • Tim aktif dalam konferensi; dan

Fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa token ROCKZ ini layak untuk anda koleksi dan kecil kemungkinannya bahwa proyek ini adalah proyek scam. Selain itu token ini berpotensi untuk menjadi token lindung nilai terbaik, karena nilai intrinsik diikat ke Swiss Franc (CHF) dengan rasio 1:1 yang lebih stabil daripada USD maupun emas.

Penulis: mu_enrico
ETH: 0x802547e53357A5cD9FA39bD1EC631C4744E4685F

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Ulasan ROCKZ: Koin Stabil Berbasis Swiss Franc (CHF)," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/rockz-koin-stabil-swiss-franc/ (diakses pada 13 Dec 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.