Ulasan ICO Expercoin: Protokol Ekosistem Karir Terdesentralisasi


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Ulasan ICO Expercoin: Protokol Ekosistem Karir Terdesentralisasi (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on steem.it and medium

expercoin-header

Sifat desentralisasi dari blockchain mengijinkan berbagai konsep token-ekonomi (tokenomi) dibangun di atas jaringan yang terdesentralisasi. Salah satu diantaranya adalah menggunakan konsep tokenomi di dalam komunitas belajar sekaligus marketplace. Saat ini, Experfy melalui Expercoin, berencana untuk dapat memungkinkan siapa saja meluncurkan komunitas baru dengan marketplacenya sendiri secara instan. Untuk dapat mewujudkan impian tersebut, penjualan (ICO) token EXPR akan diselenggarakan pada 1 Juni 2018 untuk mendanai proyek Expercoin.

Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi, bukan saran finansial.

Latar Belakang

Terdapat tiga masalah besar dalam sistem pendidikan konvensional, yaitu (1) jumlah pengangguran yang tinggi; (2) kurangnya tenaga kerja yang memiliki kemampuan yang memadai; serta (3) perubahan dalam dunia kerja yang membutuhkan peningkatan keahlian dengan cepat. Khusus pada poin ketiga, saat ini kemajuan teknologi membuat seluruh jenis pekerjaan dan industri berkembang terlalu cepat. Keahlian untuk tetap relevan pada semua jenis pekerjaan meningkat sangat tajam. Akibatnya, kurikulum pendidikan konvensional tidak dapat mengikuti kebutuhan dalam dunia kerja.

Untuk itu dibutuhkan ekosistem pembelajaran sekaligus pencarian talent untuk memfasilitasi magang, pekerjaan paruh waktu, dan pekerjaan penuh waktu. Dalam ekosistem tersebut, edukator serius dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga kerja yang terlatih. Pendidikan akan menjadi berbasis keahlian karena pemberi kerja sudah tidak lagi peduli dengan gelar. Dan ekosistem tersebut tidak lagi terpusat seperti pada lembaga pendidikan (saat ini), akan tetapi terdesentralisasi sehingga lebih cepat dalam mengadopsi pengetahuan-pengetahuan baru.

Apa itu Experfy dan Republik?

Experfy adalah konsultan AI dan marketplace pelatihan dengan 30.000 tenaga ahli yang berdiri pada 31 Maret 2014. Para pendiri Experfy ingin mengembangkan ekosistem pada blockchain menggunakan token Expercoin. Bisa dikatakan bahwa diciptakannya Expercoin bertujuan untuk membangun salah satu jaringan marketplace terdesentralisasi terbesar di dunia yang disebut Republik, dengan slogan “In Skills We Trust.” Semua orang dapat membuat Republiknya sendiri, seperti “Republik Nanoteknologi,” “Republik FinTech,” “Republik Sastra Perancis,” dll.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Republik terdiri dari enam pilar, yaitu:

  • Marketplace Pembelajaran
  • Marketplace Karir
  • Marketplace Mentorship
  • Platform Penilaian
  • Akademi Korporasi
  • Marketplace Bantuan Keuangan (P2P Financing)

Arsitektur Teknis Protokol Expercoin

Expercoin terdiri dari lapisan protokol dan aplikasi front-end untuk pengguna dalam membangun organisasi otonom (Republik) yang sangat fleksibel. Marketplace terdesentralisasi ini memberdayakan komunitas dan institusi dengan solusi yang tidak membutuhkan keahlian pengembangan perangkat lunak. Orang atau organisasi yang non-teknis sekarang dapat meluncurkan Republik yang disesuaikan sesuai keinginan mereka dan mulai menghasilkan pendapatan.

Arsitektur protokol Expercoin merepresentasikan kumpulan library open-source eksisting, framework, dan sistem terdistribusi, selagi tetap menjadi pemimpin inovasi dalam bidang ini. Expercoin adalah protokol pertama yang menggunakan Ruby on Rails. Hal ini dapat mengijinkan Expercoin untuk mendatangkan pengembang web full-stack untuk membangun di atas protokol Expercoin dengan hanya sedikit penyesuaian atau pelatihan.

expercoin-protocol

Token Expercoin (EXPR)

Expercoin adalah mata uang kripto yang akan digunakan untuk seluruh transaksi perekonomian dalam setiap Republik dan ekosistem yang lebih besar. EXPR juga berfungsi sebagai basis untuk interoperabilitas dengan aset-aset digital lain yang dibangun di atas ekosistem. EXPR ini akan diimplementasikan pada blockchain Ethereum sebagai token ERC-20.

expercoin-utility

Token EXPR lebih dari sekedar alat pembayaran, token tersebut menyediakan berbagai fungsi yang dibutuhkan untuk membuat sistem ekonomi yang terdesentralisasi yang tidak diatur oleh otoritas sentral. Expercoin akan dapat digunakan untuk voting, pemerintahan, mencegah kecurangan, mencegah spam, verifikasi akun, dan upah.

Investasi pada ICO/TGE Expercoin

  • Nama: Expercoin
  • Simbol: EXPR
  • Harga token saat pre-sale: 1 EXPR = $ 0,020
  • Harga token saat TGE: 1 EXPR = $ 0,025
  • Hard cap: $ 26.500.000
  • Total suplai token (termasuk bonus): 2.750.000.000 EXPR
  • Mulai pre-sale: 1 Juni 2018

Token akan didistribusikan menurut persentase berikut:

  • 45% Pembeli (Pre-sale & TGE)
  • 20% Perusahaan (12 bulan lock-up & 24 bulan vesting)
  • 20% Insentif untuk marketing & kemitraan strategis
  • 10% Cadangan (12 bulan lock-up & 36 bulan vesting)
  • 5% Penasihat (12 bulan lock-up)

Valuasi Expercoin (EXPR)

Apabila kita menghitung alokasi token untuk pembeli pada pre-sale dan public sale/TGE maka 45% adalah alokasi yang kecil. Ini artinya Experfy sangat percaya diri bahwa faktor dilusi yang besar tidak akan mempengaruhi keinginan investor untuk berinvestasi pada token ini. Hal ini mengisyaratkan bahwa token ini nantinya akan sangat bernilai. Terlebih lagi periode lock-up dan vesting tergolong paling panjang di antara ICO-ICO lainnya. Hal ini mengisyaratkan bahwa proyek ini adalah proyek jangka panjang yang sangat serius.

expercoin-dilution

Dengan asumsi bahwa harga rata-rata token EXPR saat pre-sale dan TGE adalah sebesar $ 0.02141 dan semua token habis terjual, maka kita dapat menghitung faktor dilusi token ini, yaitu sebesar 14,3% (terdilusi hanya bonus pre-sale), dan 55% (terdilusi bonus pre-sale, fee perusahaan, insentif, dll). Apabila anda membeli saat pre-sale, anda akan dapat membeli token EXPR ini dengan harga $ 0.02 untuk mengkompensasi faktor dilusi.

Kesimpulan

Proyek ini memiliki prospek yang sangat cerah, terlebih lagi belum banyak konsep ICO sejenis (sepengetahuan penulis). Mungkin kompetitor serius Expercoin (EXPR) hanyalah Disciplina (DSCP), itupun konsepnya hanya sedikit mirip. Teknologi ini akan memungkinkan semua orang menciptakan “Republik”-nya sendiri tanpa harus memiliki kemampuan pemrograman. Terlebih lagi proyek ini akan melibatkan semua pemangku kepentingan dengan model bisnis yang brilian dan logis. Akan tetapi, tentu saja semuanya tergantung dari timing, adopsi, dan kompetensi tim developer untuk membangun platform yang berkualitas.

expercoin-team

Apabila ditinjau dari validitasnya, penulis rasa ICO ini BUKAN scam, karena:

  • Proyek ini adalah proyek entitas yang telah berdiri sejak tahun 2014 (Experfy) dan didukung oleh Harvard Innovation Lab
  • Terdapat youtube channel khusus dan video-video yang memperlihatkan bagaimana edukasi berjalan. Channel tersebut adalah https://www.youtube.com/user/experfy.
  • Anggota-anggota tim yang memiliki keahlian dan gelar yang relevan dari lembaga ternama
  • Experfy Inc. telah bermitra dengan berbagai perusahaan ternama, seperti delloite, duracel, cygna, dll.
  • Memiliki whitepaper yang berkualitas cukup baik.

Namun harap dicatat karena secara konsep proyek ini adalah proyek masa depan (jangka panjang) maka anda harus bersabar dalam menghadapi fluktuasi harga yang umumnya cenderung menurun. Akan tetapi, koin ini menurut saya layak untuk anda koleksi.

Penulis: mu_enrico
ETH: 0x802547e53357A5cD9FA39bD1EC631C4744E4685F

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Ulasan ICO Expercoin: Protokol Ekosistem Karir Terdesentralisasi," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/ulasan-ico-expercoin-protokol-ekosistem-karir-terdesentralisasi/ (diakses pada 17 Oct 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.