Ulasan ICO OPTin Coin: Koin Untuk Penerbit dan Pemasang Iklan


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Ulasan ICO OPTin Coin: Koin Untuk Penerbit dan Pemasang Iklan (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on steem.it and medium

optin-banner

Sektor periklanan online (online advertising) merupakan bisnis yang sangat besar. Saat ini Google dan Facebook merupakan pemain utama dalam bisnis ini. Operasi kedua perusahaan tersebut masih jauh dari sempurna dengan berbagai masalah privasi dan iklan yang tidak tertarget dengan baik. Oleh karena itu, OPTin Blockchain yang didukung oleh DoGood Media, EarnHoney, dan mitra lain kemudian meluncurkan OPTin Network yang menggunakan OPTin Coin sebagai token atau alat pembayaran pada jaringan tersebut.

Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi, bukan saran finansial.

Daftar isi

Artikel ini membahas: (1) Latar belakang; (2) Apa itu OPTin Coin?; (3) Alasan Investasi OPTin Coin; (4) Valuasi OPTin Coin (OPT); (5) Kesimpulan.

Latar Belakang

Bisnis periklanan online tengah berkembang dengan sangat pesat. Menurut emarketer, diperkirakan pendapatan Google akan bertumbuh 14,5% menjadi $ 39,92 miliar, Facebook tumbuh 16,9% menjadi $21.00 miliar, dan Amazon menjadi $2 miliar di 2018. Meskipun pendapatan raksasa-raksasa periklanan online tersebut bertumbuh, namun pangsa pasar mereka akan cenderung turun seiring dengan semakin banyaknya pemain di sektor ini. Menilik hal ini sudah tentu sektor periklanan online masih sangat menjanjikan untuk perusahaan-perusahaan iklan baru.

Raksasa-raksasa seperti Google dan Facebook pun masih belum menawarkan layanan yang ideal bagi setiap pemangku kepentingan. Misalnya saja skandal privasi Facebook yang terkait dengan pengumpulan informasi rahasia dari 87 juta orang dari perusahaan konsultan Cambridge Analytica. Perusahaan tersebut (dan juga perusahaan lain) berhasil mendapatkan akses ke data personal pengguna Facebook akibat berbagai faktor, diantaranya: perlindungan pengguna yang tidak memadai terhadap perusahaan yang terlibat dalam pengambilan data, sedikit atau tidak ada pengawasan dari pengembang Facebook, penyalahgunaan API Facebook, dan pengguna menyetujui persyaratan dan ketentuan yang terlalu luas.

Lebih lanjut, Google pun tidak luput dari kontroversi. Data yang diperoleh Google jauh lebih personal, yang termasuk: kebiasaan browsing, lokasi, tempat-tempat yang pernah dikunjungi, dan berbagai preferensi pengguna yang sangat fatal apabila disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Apa itu OPTin Coin?

OPTIN Blockchain LLC yang adalah pencipta dari DoGood Media -sebuah perusahaan periklanan yang telah berdiri sejak tahun 2014- menciptakan OPTin Advertising Network dan OPTin token/coin. Jaringan OPTin ini akan ditenagai oleh blockchain sehingga memungkinkan adanya token economics (tokenomics) dalam industri periklanan online. Jaringan OPTin terdiri dari:

  • MyAds, sistem yang membuat pengguna dapat berbagi data dan mendapatkan upah dari pemasang iklan.
  • Datacube, sistem riset pasar yang open-source untuk mendapatkan informasi yang berkualitas.
  • Ads Marketplace, platform iklan yang menghubungkan penerbit dengan pemasang iklan secara langsung.

how-optin-works

Alasan Investasi OPTin Coin

OPTin Blockchain menjanjikan keunggulan berikut ini dalam platformnya:

  1. Pengguna dapat memilih untuk ikut serta dalam industri yang spesifik, mereka hanya membagi data yang mereka ijinkan untuk digunakan.
  2. Transfer data dan uang dapat dilihat publik secara transparan.
  3. Pengumpulan data dan berbagi data menggunakan kode yang open-source.
  4. Data yang dikumpulkan bersifat anonim dan dienkripsi sehingga tidak mengganggu privasi penyedia data.
  5. Data yang dikumpulkan tidak gratis sehingga terdapat kompensasi bagi pengguna yang mau berbagi data.

Konsep tokenomics dari OPTin akan dapat merevolusi bisnis dalam bidang iklan online

Valuasi OPTin Coin (OPT)

OPTin Coin adalah mata uang kripto yang akan digunakan untuk seluruh transaksi perekonomian dalam OPTin Network. OPT ini akan diimplementasikan pada blockchain Ethereum sebagai token ERC-20, dengan detil sebagai berikut:

Informasi TGE/ICO

  • Nama: OPTin Coin
  • Simbol: OPTIN atau OPT
  • Standar: ERC20
  • Harga token: 1 OPT = $ 0,10
  • Soft cap: $ 5.000.000 OPT
  • Hard cap: $ 20.000.000 OPT
  • Total suplai token (termasuk bonus): 430.000.000 OPT
  • Mulai pre-sale: 15 Agustus 2018

Bonus:

  • 15-21 Agustus 2018: 30%
  • 22-30 Agustus 2018: 20%
  • 01-07 September 2018: 10%
  • 08-30 September 2018: 0%

Menghitung Faktor Dilusi

Apabila kita menghitung alokasi token untuk pembeli pada pre-sale dan public sale maka 53,5% adalah alokasi yang tergolong cukup kecil. Ini artinya OPTin Network sangat percaya diri bahwa faktor dilusi yang besar tidak akan mempengaruhi keinginan investor untuk berinvestasi pada token ini. Porsi 46,5% token yang tidak dijual mengisyaratkan bahwa token ini nantinya akan bernilai dan merupakan proyek jangka panjang yang serius.

Ulasan ICO OPTin Coin: Koin Untuk Penerbit dan Pemasang Iklan

Dengan asumsi bahwa harga token OPT saat sale adalah sebesar $ 0,1 (tidak termasuk bonus), dan semua token habis terjual. Kita dapat menghitung faktor dilusi token ini, yaitu sebesar 13,0% (terdilusi hanya bonus), dan 53,5% (terdilusi bonus dan alokasi lainnya). Implikasi dari dilusi dari bonus sebesar 13,0% ini adalah sebagai batas bawah persentase bonus yang “menguntungkan,” akibatnya investor sebaiknya membeli token ini saat bonus 30% dan 20% untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kesimpulan

Proyek ini memiliki prospek yang sangat cerah, terlebih lagi belum banyak konsep ICO sejenis (sepengetahuan penulis). Mungkin kompetitor serius OPTin coin hanyalah Online.io (OIO), itupun konsepnya berbeda, dan hanya memiliki kesamaan pangsa pasar di bidang iklan online.

Teknologi ini akan memungkinkan tokenomics yang membuat penyedia data, pemasang iklan, dan publisher dapat melakukan transaksi yang saling menguntungkan. Proyek ini melibatkan semua pemangku kepentingan dengan model bisnis yang brilian dan logis. Akan tetapi, tentu saja semuanya tergantung dari timing, adopsi, dan kompetensi tim developer untuk membangun platform yang berkualitas.

optin-team

Apabila ditinjau dari validitasnya, penulis rasa ICO ini BUKAN scam, karena:

Namun harap dicatat karena secara konsep proyek ini adalah proyek masa depan (jangka panjang) maka anda harus bersabar dalam menghadapi fluktuasi harga yang umumnya cenderung menurun. Akan tetapi, koin ini menurut saya layak untuk anda koleksi.

Penulis: mu_enrico
ETH: 0x802547e53357A5cD9FA39bD1EC631C4744E4685F

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Ulasan ICO OPTin Coin: Koin Untuk Penerbit dan Pemasang Iklan," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/ulasan-ico-optin-coin-uang-digital-untuk-penerbit-pemasang-iklan/ (diakses pada 10 Dec 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.