Ulasan ICOVO: Platform Untuk Pengelolaan ICO


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Ulasan ICOVO: Platform Untuk Pengelolaan ICO (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on steem.it and medium

icovo-header

Initial Coin Offering (ICO) merupakan mekanisme pengumpulan dana oleh perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi blockchain. Saat ICO, investor-investor membeli token atau koin kripto yang nantinya dapat dipergunakan dalam platform (aplikasi) startup tersebut, ataupun diperdagangkan pada bursa. Pada tahun 2018 ini semakin banyak startup yang melakukan ICO yang diperkirakan dapat menghimpun dana sedikitnya $6,198 miliar menurut icowatchlist.com. Menanggapi hal itu, ICOVO berencana meluncurkan platform untuk mempermudah investor dan perusahaan rintisan mengelola ICO.

Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi, bukan saran finansial.

Daftar isi

Artikel ini membahas: (1) Latar belakang; (2) Apa itu ICOVO?; (3) Alasan Investasi pada ICOVO; dan (4) Kesimpulan.

Latar Belakang

Sektor ICO berkembang dengan sangat pesat pada tahun 2017-2018 ini. Sayangnya, perkembangan ini tidak didukung dengan regulasi ataupun platform yang menjamin dana yang terkumpul dipergunakan dengan semestinya. Semakin banyak kasus penipuan dan penggelapan menimbulkan kecemasan investor yang ingin berpartisipasi. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi menggunakan konsep tokenomics pun menjadi terhambat.

Penulis mencatat ada berbagai masalah yang muncul akibat dari ICO ini, yaitu:

  • Validitas informasi: Informasi seperti whitepaper dan tim seringkali tidak valid. Banyak terjadi plagiarisme dalam penulisan whitepaper, serta identitas palsu dari tim manajemen perusahaan rintisan.
  • Penyajian informasi: Penyajian informasi tidak standar. Investor seringkali kesulitan menemukan informasi-informasi penting yang tidak disajikan dengan baik.
  • Mekanisme pengumpulan dana: Pembuatan smart contract seringkali tidak diaudit sehingga menimbulkan celah keamanan. Investor yang tidak tahu cara menggunakan dompet ethereum kesulitan untuk berinvestasi.
  • Keamanan dana: Dana tidak ditempatkan pada escrow sehingga besar kemungkinan untuk dibawa kabur oleh tim manajemen startup.
  • Mekanisme penggunaan dana: Dana tidak diberikan secara bertahap sesuai dengan milestone, akibatnya seringkali tim manajemen tidak efisien dalam mengelola dana, yang pada akhirnya kehabisan dana.

ICOVO merupakan platform untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Apa itu ICOVO?

ICOVO berasal dari kata ICO dan OVO (telur), yang menegaskan bahwa platform ini merupakan platform inkubator untuk perusahaan-perusahaan rintisan. ICOVO menggunakan konsep DAICO (Decentralized Autonomous Initial Coin Offering) yang disarankan oleh Vitalik pada Januari 2018. Keterangan lebih lanjut mengenai DAICO dapat dibaca di https://cointelegraph.com/explained/what-is-a-daico-explained. Intinya DAICO membuat ICO lebih aman karena:

  • Mekanisme voting;
  • Pencairan dana bertahap; dan
  • Fasilitas pengembalian dana (pembatalan proyek), juga dengan voting.

Platform ICOVO terdiri dari tiga bagian utama:

  • DAICOVO: smart contract yang mengimplementasikan model DAICO;
  • ICOVO Web: antarmuka program ICOVO pada situs web;
  • ICOVO App: antarmuka program ICOVO pada aplikasi Android maupun IOS.

daico

block-diagram-icovo

Antarmuka ICOVO membuat Investor dapat memperoleh informasi yang valid terkait whitepaper, tim, prospektus, dan membuat proses investasi pada ICO semakin mudah. Platform ICOVO menggunakan token OVO, yaitu token ERC20 ethereum digunakan oleh platform ICOVO untuk melakukan voting dan berinvestasi pada ICO. Investor dapat membeli token ini seharga 0,3 USD saat token sale.

Alasan Investasi pada ICOVO

MVP atau Prototipe

Proyek ini telah memiliki purwarupa produk yang dapat anda unduh pada Google Play maupun App Store. Saat ini aplikasi ini hanya berfungsi sebagai dompet Ethereum, akan tetapi berbagai fitur akan ditambahkan sesuai dengan timeline proyek ini.

icovo-app

Tim yang Serius

Ini merupakan faktor paling penting dalam menilai ICOVO merupakan proyek yang serius. Penulis mencermati anggota-anggota tim ICOVO menggunakan identitas yang asli. Hal ini terlihat dari video-video yang terbit di Youtube, serta sosial media mereka. Terlebih lagi tim terlihat aktif berpartisipasi dalam konferensi blockchain.

icovo-team1icovo-team2icovo-team3icovo-team4icovo-team5

Model Bisnis yang Valid

Saat ini penggunaan mata uang digital masih sebatas alat spekulasi dan investasi. Maka dari itu, platform untuk mempermudah ICO merupakan model bisnis yang sederhana dan sangat relevan. Proyek ini tidak memiliki risiko setinggi proyek-proyek yang terlalu futuristik, misalnya saja proyek kecerdasan buatan.

Konsep DAICO dari ICOVO akan dapat merevolusi proses ICO

icovo-ecosystem

Kesimpulan

Proyek ini memiliki prospek yang sangat cerah karena benar-benar dapat menyelesaikan permasalahan yang aktual. Platform ini akan memungkinkan dilaksanakannya ICO yang lebih aman, akuntabel, dan terdesentralisasi. Akan tetapi, tentu saja semuanya tergantung dari timing, adopsi, dan kompetensi tim developer untuk membangun platform yang berkualitas.

Setelah melakukan riset sederhana, penulis rasa ICO ini BUKAN scam, karena:

  • Perusahaan rintisan ICOVO telah terdaftar di Swiss dengan nama ICOVO AG, Zug, Switzerland
  • Terdapat youtube channel khusus dan video-video dari anggota tim ICOVO. Channel tersebut adalah https://www.youtube.com/channel/UCAo9SoUVMIYJNg78pYm3enw.
  • Channel sosial media dikelola dengan baik dengan update-update terbaru.
  • Memiliki whitepaper yang berkualitas cukup baik.

Fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa token OVO ini layak untuk anda koleksi dan kecil kemungkinannya bahwa proyek ini adalah proyek scam. Gunakan kode ini untuk mendapatkan bonus https://icovo.io/?ref=rnh9efzs

Penulis: mu_enrico
ETH: 0x802547e53357A5cD9FA39bD1EC631C4744E4685F

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Ulasan ICOVO: Platform Untuk Pengelolaan ICO," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/ulasan-icovo-platform-untuk-pengelolaan-ico/ (diakses pada 13 Dec 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.