KuBisnis

Ulasan Zeux: Aplikasi Keuangan Multifungsi yang Bermitra dengan Hashgraph

Laman ini adalah tampilan ponsel kilat. Akses versi lengkap laman ini di: Ulasan Zeux: Aplikasi Keuangan Multifungsi yang Bermitra dengan Hashgraph (untuk mengaktifkan menu dan desain).

English version available on steem.it and medium

Dalam era kemajuan teknologi mata uang kripto dan aplikasi smartphone saat ini, sudah tidak layak rasanya apabila layanan perbankan masih menggunakan teknologi konvensional. Saat ini, setiap orang membutuhkan aplikasi yang canggih pada smartphone-nya untuk bisa melakukan transfer (kirim-terima dana), membayar tagihan, dan berinvestasi secara instan dan murah. Zeux Ltd. kemudian menciptakan aplikasi Zeux beserta token utilitas ZeuxCoin (ZUC) untuk mengintegrasikan semua fungsi keuangan dalam smartphone. Proyek ini memiliki prospek bisnis yang cerah karena kemitraan Zeux dengan Hedera Hashgraph. Kemitraan ini sangatlah penting sehingga akan penulis jelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Daftar isi

Artikel ini membahas: (1) Konsep Bisnis; (2) Strategi Marketing; (3) Team Zeux; dan (4) Kelayakan Investasi.

Konsep Bisnis Zeux

Zeux mendapatkan revenue dari biaya penggunaan platform Zeux yang dibayarkan melalui penggunaan token ZeuxCoin. Potongan tersebut diambil dari empat fungsi keuangan berikut:

Saat ini, tercatat sudah banyak aplikasi sejenis (cryptobank) yang merupakan kompetitor dari Zeux, seperti Crypterium, Amon, OTPPay, dll. Akan tetapi, pangsa pasar yang begitu besar dari produk keuangan ini masih membuka pemain baru untuk menawarkan pilihan fasilitas yang unik. Kelebihan Zeux dibandingkan dengan kompetitornya adalah adanya fitur investasi, di mana pengguna Zeux bisa membeli produk-produk investasi konvensional maupun produk investasi kripto yang aman (yang patuh pada Financial Conduct Authority, FCA). Konsep ini memungkinkan reksadana kripto diperjualbelikan pada aplikasi ini. Yang membuat hal ini bisa dilakukan adalah karena Zeux mendukung Revised Payment Service Directive (PSD2), sehingga pengguna hanya perlu melakukan proses verifikasi identitas (KYC) satu kali untuk dapat mengakses semua produk investasi. Platform Zeux akan mengamankan data KYC pengguna dan menggunakannya seizin pengguna.

Desain Token ZeuxCoin (ZUC)

Token ini pada dasarnya adalah token utilitas yang digunakan untuk biaya transaksi dalam ekosistem Zeux. Selain untuk pembayaran dan pembelian produk investasi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, token ini juga digunakan untuk mendapatkan berbagai diskon dan program loyalitas. Apabila seorang pengguna tidak memiliki sejumlah token ZUC yang cukup untuk membayar biaya transaksi, ia bisa menggunakan saldo mata uang lain yang terlebih dulu dikonversi ke dalam ZUC oleh sistem. Semakin banyak seorang pengguna memiliki token ZUC, maka ia akan mendapatkan diskon yang lebih besar.

Strategi Marketing Zeux

Untuk memperoleh dana yang dibutuhkan, Zeux melakukan presentasi pitching di berbagai konferensi untuk menggaet investor privat dan mengadakan ICO untuk mendapatkan dana dari penjualan publik. Selain itu untuk mengakuisisi pengguna Zeux juga mengadakan program kampanye bounty yang terbukti dapat meningkatkan basis pengguna dengan cepat.

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Proyek ini semakin terlihat cemerlang setelah diumumkannya kolaborasi antara Zeux dengan Hedera Hashgraph.

Kolaborasi dengan Hedera Hashgraph

Hedera Hashgraph digadang-gadang sebagai teknologi blockchain generasi ketiga. Hal ini karena hashgraph dapat memproses ratusan ribu transaksi tiap detik dan juga dapat menjalankan smart contract dengan Bahasa Solidity (seperti Ethereum). Dengan bermitra dengan Hedera Hashgraph, Zeux akan dapat memperdagangkan koin HBAR beserta dengan token-token dApps yang berada di dalam jaringan mereka. Bisa dibayangkan bahwa Zeux ini akan menjadi KuCoin atau Latoken-nya platform Hashgraph. Kemitraan ini akan meningkatkan jumlah pengguna Zeux dengan pesat karena kita tahu bahwa komunitas Hashgraph sudah cukup besar.

Zeux pada PayExpo, London, 9-10 Oktober 2018:

Zeux pada BlockchainLive, 26 September 2018:

Team Zeux

Yang penulis suka dari tim Zeux adalah kombinasi dari generasi yang berbeda yang nampak dari CEO dan CTO yang masih muda, sedangkan CFO yang lebih matang. Hal ini penulis kira sudah tepat karena ahli di bidang keuangan seharusnya sudah malang melintang di dunia keuangan dan memiliki pengalaman yang luas. CEO-nya sendiri, yaitu Frank Jiayi Xhou adalah seorang yang sangat cerdas. Dia lulus dari Oxford dan tercatat pernah meraih medali emas fisika dan anggota British Mensa. Dari penelusuran CV sekilas, tampak mereka adalah tim yang berkualitas untuk bisa membangun platform ini. Tentu saja identitas mereka adalah asli, yang dapat dilihat dari video berikut:

Kelayakan Investasi

Meskipun proyek ini memiliki banyak kompetitor, akan tetapi penulis melihat bahwa Zeux merupakan salah satu platform yang dapat bertahan dan bersaing untuk bisa sukses. Hal ini didasarkan kepada:

Selain itu, penulis menyimpulkan ICO ini BUKAN scam, karena:

Fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa token ZUC ini layak untuk anda koleksi dan kecil kemungkinannya bahwa proyek ini adalah proyek scam. Namun bukan berarti investasi pada token ini akan bebas risiko karena sudah banyak pesaing di platform keuangan ini (meskipun tidak sama persis).

Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi, bukan saran finansial.

Penulis: mu_enrico
ETH: 0x802547e53357A5cD9FA39bD1EC631C4744E4685F

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "Ulasan Zeux: Aplikasi Keuangan Multifungsi yang Bermitra dengan Hashgraph," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/ulasan-zeux-aplikasi-keuangan-multifungsi-yang-bermitra-dengan-hashgraph/ (diakses pada 24 Jan 2019).

Artikel Terkait:

Indeks Artikel

· © 2018 KuBisnis · Semua konten tulisan, gambar, dan video pada situs ini adalah hak cipta KuBisnis, kecuali dinyatakan khusus secara tertulis ·