KuBisnis

Vanta Review: Jaringan Transfer Data Real-Time Terdesentralisasi

Laman ini adalah tampilan ponsel kilat. Akses versi lengkap laman ini di: Vanta Review: Jaringan Transfer Data Real-Time Terdesentralisasi (untuk mengaktifkan menu dan desain).

English version available on steem.it and medium

Internet mengizinkan pertukaran data dilakukan di mana saja, akan tetapi semakin besar data yang ditransfer maka biaya yang dikeluarkan juga semakin mahal. Terlepas dari biaya berlangganan internet (biaya ISP), biaya untuk “memarkirkan” data (dan alokasi bandwidth) pada server juga semakin mahal. Selain itu, server terpusat kadang menyimpan data pengguna dan bisa saja menyalahgunakan data-data tersebut. Masalah ini sebenarnya sudah sedikit banyak teratasi dengan adanya BitTorrent, namun tidak semua fungsi server tersedia dalam aplikasi tersebut. Saat ini BitTorrent hanya digunakan untuk streaming film dan lagu, serta sharing data-data multimedia. Fungsi-fungsi yang masih belum ada misalnya kolaborasi proyek, komunikasi, IOT, dan gaming. Proyek Vanta Network adalah proyek jaringan terdesentralisasi permission-less yang menjamin konektivitas privat real-time dan aman; yang mengizinkan transfer data dalam berbagai fungsi tersebut.

Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada proyek ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi, bukan saran finansial.

Daftar isi

Artikel ini membahas: (1) Konsep Bisnis; (2) Strategi Marketing; (3) Team Vanta; dan (4) Kelayakan Investasi.

Konsep Bisnis Vanta Network

Vanta adalah blockchain khusus untuk koneksi real-time. Platform blockchain ini menyelesaikan masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh blockchain umum. Misalnya Ethereum dan EOS dapat diklasifikasikan sebagai blockchain (dapps) platform, sementara Storj atau Golem dapat diklasifikasikan ke dalam blockchain kegunaan khusus. Nah, Vanta dapat diklasifikasikan dalam blockchain platform sekaligus blockchain kegunaan khusus seperti dalam gambar berikut:

Manfaat menggunakan Vanta:
1. Bagi pengembang layanan berbasis Vanta:

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

2. Bagi pengguna layanan berbasis Vanta:

Spesifikasi Token Vanta (VNT)

Token ini pada dasarnya adalah token yang digunakan untuk staking agar pengguna dapat menggunakan sumber daya Vanta, mirip seperti sistem EOS. Berikut ini adalah detilnya:

Strategi Marketing Vanta

Sangat jelas bahwa proyek ini sudah tertata dengan rapih. Semua channel sosial media seperti Twitter, Medium, Reddit, dll., sudah dikelola dengan profesional. Selain itu, Vanta juga memiliki program kampanye yang efektif dalam menjaring calon investor dan calon pengguna baru. Vanta juga terlibat dalam meetup atau konferensi untuk bertemu dengan komunitas. Berikut ini beberapa penampakannya:

Oracle CloudWorld Conference di Seoul pada January 29, 2019

Vanta Network Meetup 2019

Vanta juga akan listing di beberapa exchange seperti Allbit Exchange dan Cashierest

Team Vanta

Anggota tim Vanta terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan dari universitas terkenal dan memiliki pengalaman bekerja di perusahaan global, seperti Oracle, HP, AWS, Samsung, Microsoft, dll. Lihat saja kepala R&D Vanta adalah seorang professor dari Hanyang University dengan gelar Ph.D. Terlebih lagi Vanta juga bermitra dengan Hanyang University dalam pengembangan produknya. Selain itu Vanta juga bermitra denga Oracle, Microsoft, Sejong Telecom, Allbit, QuarkChain, dll., yang menegaskan bahwa proyek ini merupakan proyek serius yang memiliki ambisi besar. Mengenai anggota-anggota tim, selengkapnya dapat dibaca di sini.

Kelayakan Investasi

Meskipun proyek “blockchain platform” ini memiliki banyak kompetitor, akan tetapi penulis melihat bahwa Vanta memiliki keunikan tersendiri dalam model bisnis dan arsitektur platformnya. Vanta berbeda dengan Ethereum, EOS, Cardano, Storj, Golem, dll., sesuai dengan pembahasan sebelumnya. Lalu kemudian penulis melihat bahwa mereka memiliki sumber daya yang cukup untuk dapat merealisasikan rencana mereka. Hal ini didasarkan kepada:

Selain itu, penulis menyimpulkan ICO ini BUKAN scam, karena:

Fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa token VNT ini layak untuk anda koleksi dan kecil kemungkinannya bahwa proyek ini adalah proyek scam. Namun bukan berarti investasi pada token ini akan bebas risiko karena ambisi yang sangat besar dan arsitektur yang kompleks. Ingat bahwa EOS juga memiliki beberapa masalah di awal dan juga sampai sekarang masih memiliki masalah terutama pada kecepatan pemrosesan atau alokasi RAM yang mahal. Apabila anda berencana untuk investasi, anda harus siap dengan ketidakpastian jangka panjang, karena proyek-proyek platform adalah proyek jangka panjang.

Penulis: mu_enrico
Donasi: 0x802547e53357A5cD9FA39bD1EC631C4744E4685F

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2019, "Vanta Review: Jaringan Transfer Data Real-Time Terdesentralisasi," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/vanta-jaringan-transfer-data-real-time-terdesentralisasi/ (diakses pada 21 Feb 2019).

Artikel Terkait:

Indeks Artikel

· © 2018 KuBisnis · Semua konten tulisan, gambar, dan video pada situs ini adalah hak cipta KuBisnis, kecuali dinyatakan khusus secara tertulis ·