KuBisnis

Sebelum Memulai Berbisnis Miliki Dahulu High Income Skill

Laman ini adalah tampilan ponsel kilat. Akses versi lengkap laman ini di: Sebelum Memulai Berbisnis Miliki Dahulu High Income Skill (untuk mengaktifkan menu dan desain).

Tren menjadi entrepreneur menjadikan anak-anak muda untuk berlomba-lomba menjadi seorang pengusaha. Meskipun tidak ada yang salah dengan mentalitas ini, namun harus anda ketahui bahwa untuk dapat menjadi entrepreneur yang sukses itu tidaklah mudah. Banyak yang harus anda pelajari untuk dapat berbisnis dengan “benar” yang nantinya akan memperbesar kemungkinan anda untuk dapat berhasil. Maka dari itu, berbisnis membutuhkan berbagai ilmu pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) yang dapat anda dapatkan di bangku sekolah, perguruan tinggi, dan studi di lapangan.

Oleh Pexels | Pixabay

Berbisnis juga membutuhkan modal baik berupa kualitas manusia maupun kepemilikan modal uang. Sehebat apapun seorang pengusaha, apabila ia tidak memiliki modal uang yang cukup, ia akan seringkali terganjal dengan berbagai hal dalam kegiatan operasionalnya. Memiliki modal uang saja juga tidak cukup. Tanpa memiliki keahlian, anda akan sulit untuk memutar modal uang untuk mendapatkan imbal hasil yang tinggi. Modal uang dan modal kualitas manusia ini seperti dua sisi mata uang logam yang tidak dapat dipisahkan. Namun anda tidak perlu cemas, tulisan ini akan membahas bagaimana langkah strategi sederhana yang dapat anda terapkan untuk memulai bisnis anda.

High Income Skill

High income skill adalah suatu keterampilan yang dapat membuat anda dibayar dengan upah yang tinggi. Keterampilan ini bisa macam-macam di berbagai bidang yang anda sukai, misalnya menjadi koki di restoran, salesman properti, pembuat kue, pembuat website, dll. Ide dari hal ini adalah untuk membuat keterampilan anda semakin terasah sembari mengumpulkan modal uang untuk nanti membuka bisnis anda sendiri. Apabila anda dibayar murah, anda tidak akan dapat menabung untuk bisa memulai berbisnis. Terlebih lagi, anda juga akan semakin memahami operasional bisnis tempat anda bekerja dan memahami kunci sukses serta kendala-kendala yang sering terjadi.

Apabila tabungan anda tidak cukup untuk memulai startup bisnis anda sendiri, memiliki riwayat kerja di perusahaan yang baik juga akan membantu anda nantinya apabila ingin mengajukan dana pada angel investor atau venture capitalist. Dengan memiliki riwayat kerja yang baik, investor akan menilai bahwa anda memiliki kualitas yang memadai untuk bisa berhasil pada bisnis baru anda, dan tidak segan untuk bermitra dengan anda.

Kesalahan Pemula

Dalam topik ini kesalahan utama dari seseorang yang hendak berbisnis adalah ego yang tinggi. Seorang yang masih muda memang dipenuhi semangat yang tinggi untuk memulai bisnis, akan tetapi tidak disertai dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Anda mungkin merasa dapat menaklukan dunia, merasa pintar, dan merasa kreatif, akan tetapi dunia nyata seringkali akan menghempaskan ego tinggi anda. Hal ini mungkin alasan mengapa banyak pengusaha sukses yang jatuh bangun di awal dan seringkali gagal dalam bisnis-bisnis pertamanya.

Mengetahui hal tersebut, anda tidak perlu untuk belajar dari kesalahan-kesalahan sepele seperti kebanyakan pengusaha muda, akan tetapi lebih baik untuk mempersiapkan semua hal untuk meminimalkan kegagalan. Ketika semuanya sudah dipersiapkan, dan apabila anda masih tetap gagal, pelajaran tersebut sangat amat berharga untuk memuluskan bisnis anda selanjutnya.

Jangan remehkan kekuatan modal uang. Ide dari memiliki high income skill ini adalah juga untuk memiliki modal dari tabungan. Tabungan anda sebaiknya dapat menunjang kehidupan anda selama enam bulan ke depan serta menyokong bisnis baru anda. Sebuah rencana bisnis yang layak umumnya menyediakan biaya operasional minimal untuk enam bulan ke depan (disebut modal kerja) sebelum keuntungan dari penjualan dapat mencukupi biaya operasional tersebut.

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2019, "Sebelum Memulai Berbisnis Miliki Dahulu High Income Skill," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/sebelum-memulai-berbisnis-miliki-dahulu-high-income-skill/ (diakses pada 24 May 2019).

Artikel Terkait:

Indeks Artikel

· © 2019 KuBisnis · Semua konten tulisan, gambar, dan video pada situs ini adalah hak cipta KuBisnis, kecuali dinyatakan khusus secara tertulis ·