Cara Meningkatkan Motivasi Diri | Motivasi Intrinsik


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Cara Meningkatkan Motivasi Diri | Motivasi Intrinsik (untuk menghemat pemakaian data).

Bagaimana cara meningkatkan motivasi diri untuk sukses? Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, kita harus terlebih dahulu memahami apa itu motivasi dan apa yang menjadi sumber motivasi diri seseorang. Dalam bukunya, Kreitner dan Kinicki menjelaskan bahwa motivasi adalah proses-proses psikologis yang menyebabkan rangsangan, arahan, dan ketekunan untuk melakukan tindakan sukarela yang berlandaskan tujuan. [1]

Daftar isi

Artikel ini membahas (1) jenis-jenis motivasi berdasarkan sumbernya; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi; (3) cara meningkatkan motivasi diri; dan ditutup dengan (4) kesimpulan dan saran. Isi dalam artikel ini akan dibahas sesederhana mungkin.

Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik

Motivasi dapat dibagi ke dalam dua teori yang berbeda yang dikenal dengan motivasi intrinsik (internal) dan motivasi ekstrinsik (eksternal). Motivasi intrinsik berasal dari dalam diri sendiri, sedangkan motivasi ekstrinsik berasal dari luar. Kebanyakan sekarang dalam pekerjaan atau dalam berwirausaha, orang-orang selalu menggunakan motivasi ekstrinsik yang bermuara pada hadiah (en: reward).

ilustrasi-motivasi

Ilustrasi Motivasi | Photo by opensource.com is licensed under CC-BY-SA-2.0

Ketika seseorang ingin sukses, ia diajarkan untuk mengejar ataupun membayangkan motivasi ekstrinsik, seperti uang, mobil, kapal pesiar, paket ke luar negeri, dll. Padahal ilmu pengetahuan telah membuktikan berulang kali kalau sumber motivasi diri yang seperti ini tidaklah efektif. Motivasi ekstrinsik hanya berguna dalam hal-hal yang sempit dan bersifat mekanis, dan bahkan tidak cocok untuk hal-hal yang melibatkan kemampuan kognitif dasar. Apabila apa yang akan ia lakukan melibatkan kognisi, seperti antisipasi, introspeksi, perencanaan, dll., menggunakan motivasi ekstrinsik justru akan menurunkan kinerjanya. Motivasi diri yang disebabkan oleh hadiah mungkin akan membuat seseorang memenangkan lari maraton, mengetik lebih cepat, mengangkat lebih berat, dll. Namun, hal ini tidaklah relevan dalam dunia kewirausahaan dan bisnis, di mana kreativitas dan pengambilan keputusan menjadi sangat krusial. [2]

Rahasia untuk memiliki kinerja tinggi bukanlah hadiah dan hukuman (en: rewards and punishments), tetapi dorongan intrinsik, yaitu dorongan dari dalam diri untuk melakukan sesuatu untuk kebaikan. Dorongan untuk melakukan sesuatu karena hal-hal itu berarti. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi motivasi intrinsik?

Faktor-Faktor Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik terjadi ketika seseorang bertindak tanpa hadiah eksternal yang jelas. Ia mungkin hanya sekedar menyukai aktivitas tersebut, atau melihat suatu aktivitas sebagai peluang untuk menggali, belajar, dan mengaktualisasi porensial. [3] Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi diri ini disebut dengan motivator (bukan yang di televisi atau seminar). Motivator intrinsik ini ada bermacam-macam, tetapi ada tiga hal yang menurut penulis sangat menarik, yaitu: [2]

Tujuan Hidup

Purpose adalah alasan yang mendasari seseorang melakukan sesuatu. Bisa dikatakan bahwa purpose ini merupakan tujuan hidup, untuk menjawab mengapa ia ada di dunia ini, dan merupakan kerinduan untuk melakukan apa yang ia lakukan demi kepentingan sesuatu yang lebih besar dari dirinya.

Untuk dapat meningkatkan motivasi diri untuk sukses, seseorang sebaiknya yakin terlebih dahulu dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

  • Untuk apa/siapa anda melakukan pekerjaan anda?
  • Apa yang mereka inginkan atau butuhkan, yang dapat anda berikan?

Otonomi

Otonomi (en: autonomy) adalah keinginan untuk mengarahkan kehidupan kita sendiri. Motivasi sulit timbul karena paksaan atau karena disuruh orangtua. Apabila seseorang melakukan sesuatu karena dipaksa oleh orangtua, suami/istri, ataupun keadaan; sepertinya sulit untuk meningkatkan motivasi dirinya.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

You are the author of Your own life

Penguasaan

Penguasaan (en: mastery) ini adalah gairah untuk menjadi lebih baik dan lebih ahli lagi untuk sesuatu yang penting. Ketika kita masih kecil, kita belum tahu seperti apa hal-hal yang penting. Hal ini membuat kita sangat termotivasi untuk hal-hal yang sederhana. Masih ingatkah kita ketika motivasi kita sangat tinggi untuk dapat menguasai gitar, drum, piano, dll. Bahkan, kita tidak peduli ketika kita jatuh ketika kita belajar naik sepeda.

Cara Meningkatkan Motivasi Diri

Cara meningkatkan motivasi diri yang dapat membuat seseorang sukses adalah dengan menggunakan motivasi intrinsik sebagai sumbernya. Ia sebaiknya mengetahui tujuan hidupnya untuk dapat mengetahui apa-apa saja yang penting, menentukan jalan hidupnya, lalu kemudian belajar untuk menjadi ahli dalam hal penting tersebut.

Perhatikan kedua kalimat berikut ini:

  1. Saya berwirausaha untuk menciptakan pekerjaan dan menyelesaikan permasalahan di lingkungan saya, karena saya melihat potensi hasil pertanian di lingkungan saya belum dimanfaatkan dengan baik.
  2. Saya berwirausaha untuk menjadi kaya, untuk mendapatkan kebebasan finansial; yang membuat saya bisa memiliki banyak rumah, mobil, kapal pesiar, dll.

Kebanyakan entrepreneur dunia yang sukses memilih nomor 1 (passion dan bukan uang). [4] Ingat bahwa motivasi ekstrinsik dapat membuat seseorang berlari lebih kencang, mengangkat lebih berat. Tetapi untuk menjadi sukses, sepertinya anda sebaiknya lebih mengandalkan kreativitas dan kemampuan untuk melihat dan menciptakan peluang. Motivasi ekstrinsik akan menghancurkan hal ini, bahkan mungkin kita bisa saja bertindak dengan tidak etis untuk mencapainya.

Setelah mengetahui tujuan hidup, saatnya untuk menentukan apakah anda ingin menjadi nahkoda hidup anda sendiri? Tanpa otonomi, sulit rasanya kita termotivasi untuk melakukan sesuatu. Maka untuk menjadi lebih termotivasi dalam hidup, jadilah apa yang anda inginkan, dan tentukanlah jalan hidup anda sendiri.

Yang terakhir, karena kita ingin menyelesaikan permasalahan, maka kita dituntut untuk bisa kreatif, belajar, dan menguasai bidang yang ingin pecahkan solusinya. Dalam hal di atas, ini akan membuat kita menjadi lebih baik lagi dalam mengolah hasil pertanian di lingkungan kita. Kita yakin bahwa apa yang kita lakukan ini penting bagi diri kita dan masyarakat. Gairah untuk bisa menguasai teknik pengolahan hasil pertanian ini adalah motivasi yang akan membuat kita sukses.

Kesimpulan dan Saran

Motivasi adalah pertanyaan untuk menjawab “Apakah ini sepadan?” atau “Is it worth it?[5] Pertanyaan itu bisa dijawab dengan hal-hal ekstrinsik atau hal-hal yang intrinsik.

Penelitian mengkonfirmasi bahwa motivasi intrinsik lebih tepat untuk banyak kasus. Motivasi diri ini dibangun berlandaskan keinginan untuk melakukan sesuatu karena hal itu bermakna, penting, karena kita menyukainya, karena menarik, atau karena bagian dari sesuatu yang penting.

Di negeri ini, uang masih menjadi hal yang sangat utama karena mungkin banyak orang yang masih hidup di bawah garis kemiskinan, sehingga belum dapat mencukupi kebutuhan fisik (dalam hirarki motivasi Maslow). Namun, bukan berarti para entrepreneur masih harus berpegang pada paradigma ini untuk menjadikan diri mereka sukses.

Referensi
  1. Kreitner, R., & Kinicki, A., 2011, Organizational Behavior, 9th edition, McGraw-Hill, New York, NY.
  2. TED, 2009, “Dan Pink: The puzzle of motivation,” Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=rrkrvAUbU9Y (accessed February 12, 2016).
  3. Coon, D., & Mitterer, J. O., 2010, Introduction to psychology: Gateways to mind and behavior with concept maps, Wadsworth, Belmont, CA.
  4. TED-Ed, 2013, “The power of passion – Richard St. John,” Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=tNu6on8dk2o (accessed February 12, 2016).
  5. TEDx Talks, 2013, “The psychology of self-motivation | Scott Geller | TEDxVirginiaTech,” Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=7sxpKhIbr0E (accessed February 12, 2016).

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2016, "Cara Meningkatkan Motivasi Diri | Motivasi Intrinsik," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/cara-meningkatkan-motivasi-diri-motivasi-intrinsik/ (diakses pada 10 Dec 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.