Tips Foto Produk untuk Jual Beli Online

Untuk dapat sukses dalam jual beli online, anda sebaiknya menggunakan foto produk yang memikat pembeli. Foto produk akan mencerminkan tingkat keseriusan kita dalam berbisnis online. Foto produk yang asal-asalan akan memberikan kesan bahwa orang itu tidak dapat dipercaya dalam bertransaksi online, juga akan menurunkan persepsi kualitas produk itu sendiri. Artikel ini akan sangat bermanfaat untuk anda yang menjual produk yang unik, buatan sendiri, atau custom.

Berikut ini adalah tips foto produk untuk jual beli online yang diberikan oleh Mick Sadler.

tips-foto-produk
youtube.com/watch?v=f0GK0HsJTaE | Video by smick.co.uk is licensed under Standard YouTube License

1. Pencahayaan
Pencahayaan adalah hal terpenting untuk membuat detail foto produk nampak dengan jelas. Apabila kita tidak mempunyai dana untuk pencahayaan profesional, gunakan lampu hemat energi yang berbentuk spiral. Semakin besar watt akan membuat pencahayaan semakin baik. Minimal gunakan dua lampu pada sisi kanan dan kiri dari produk tersebut.

Gunakan pencahayaan yang baik
Gunakan pencahayaan yang baik

2. Box atau Studio Foto Mini
Saat ini sudah banyak dijual box foto mini yang harganya murah, atau kita bisa membuat sendiri kotak tersebut dengan biaya yang murah dari kardus dan kertas/tissue/kain tipis di sisi kanan dan kiri yang berguna untuk menyebarkan cahaya sehingga pencahayaan menjadi rata. Jangan lupa sediakan background dari kain atau kertas minimal berwarna hitam dan putih. Kedua warna tersebut adalah warna yang netral, sehingga tidak akan terlalu mempengaruhi komposisi foto.

Gunakan box studio
Gunakan box studio

3. Tripod
Pada pemotretan produk, kita akan menggunakan beberapa mode yang membutuhkan kamera dalam posisi yang tetap, gerakan sedikit saja akan membuat foto menjadi kabur. Tripod saat ini sudah banyak yang murah, anda tidak perlu tripod yang mahal untuk membuat foto produk yang baik.

Gunakan tripod
Gunakan tripod

4. Sudut pandang
Perhatikan sudut pandang kamera. Kita hanya ingin memotret bagian dalam box foto saja, atur sedemikian rupa posisi kamera dan jangan lupa gunakan narrow angle, bukan wide angle.

Jangan gunakan wide angle
Jangan gunakan wide angle

5. Aperture (bukaan lensa) kecil
Kita ingin foto produk memiliki detail yang baik dari depan sampai ke belakang, hal ini dapat dicapai dengan mengatur bukaan lensa kamera. Selain itu gelap terang foto akan dipengaruhi juga dengan bukaan lensa. Pada umumnya, bukaan lensa yang kecil biasa digunakan, namun terserah preferensi dan jenis produk tersebut.

Gunakan AP atau aperture kecil
Gunakan AP atau aperture kecil
Perbandingan bukaan lensa
Perbandingan bukaan lensa
Perbandingan eksposur
Perbandingan eksposur

6. Gunakan format RAW
Menggunakan format RAW akan mempermudah seseorang untuk mengedit foto produk menggunakan lightroom. Jangan gunakan JPEG, kecuali kameranya tidak support format RAW. Untuk program gratis yang support RAW, kita bisa menggunakan Irfanview atau Picassa.

Gunakan format RAW
Gunakan format RAW

Itulah tips foto produk untuk jual beli online yang mungkin akan bermanfaat untuk anda. Apabila anda tidak mempunyai kamera DSLR, dengan menggunakan kamera pocket atau kamera ponsel, anda sudah dapat memiliki hasil foto yang jauh lebih baik bila mengikuti langkah 1-3.

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2015, https://www.kubisnis.com/tips-foto-produk-untuk-jual-beli-online/ (diakses pada 08 Dec 2023).

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Avatar photo
KuBisnis

Penerbit KuBisnis adalah penerbit artikel bisnis dan kewirausahaan berkualitas. KuBisnis percaya bahwa setelah proyek artikel ini selesai, Indonesia akan menjadi negara yang memiliki banyak entrepreneur! Semua konten tulisan, gambar, dan video pada situs ini adalah hak cipta KuBisnis, kecuali dinyatakan khusus secara tertulis. Hak cipta dilindungi oleh DMCA dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Articles: 91