Panduan Singkat Memulai Bisnis Rumahan


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Panduan Singkat Memulai Bisnis Rumahan (untuk menghemat pemakaian data).

Bisnis rumahan (home business / home based business) adalah bisnis yang beroperasi di rumah pemilik bisnis tersebut. Memulai bisnis rumahan memang tidaklah mudah, tetapi juga tidak sesulit yang kita bayangkan. Ada banyak hal yang harus seseorang pertimbangkan ketika memulai bisnis rumahan, yaitu:

bisnis-rumahan-2

Bisnis di rumah | Photo by StartupStockPhotos is not licensed (Public Domain)

1. Privasi
Ketika banyak pengguna, karyawan, atau mitra berdatangan ke rumah kita, mungkin kita akan mulai kehilangan privasi, kecuali ada ruang terpisah sebagai kantor. Ini mungkin akan membuat anak atau anggota keluarga lain menjadi tidak nyaman. Kadang pengguna atau mitra akan datang ke rumah pada jam yang tidak dapat diduga. Faktor keamanan juga harus menjadi perhatian ketika banyak barang berharga di rumah.

2. Fasilitas
Seberapa luas rumah untuk digunakan berbisnis? Jangan sampai anda dan anggota keluarga lain jadi kehilangan kenyamanan berada di rumah. Hal ini akan memicu ketidakharmonisan dalam keluarga. Anda juga semestinya mempertimbangkan peralatan lain, seperti alat produksi dan alat tulis kantor untuk dapat diletakkan di dalam rumah.

bisnis-rumahan

Fasilitas bisnis rumahan | Photo by Alejandro Pinto is licensed under CC-BY-2.0

3. Lingkungan
Ini adalah hal yang sering terlupakan. Apakah lingkungan kita terganggu apabila kita memulai bisnis di rumah? Beberapa perumahan tidak memperbolehkan adanya rumah yang dijadikan tempat bisnis. Perhitungkan juga limbah dan gangguan lingkungan lain yang dapat memicu terjadinya masalah antara anda dengan warga di kemudian hari.

Ketiga hal di atas adalah bagian awal dari panduan singkat memulai bisnis rumahan ini, yang bertujuan untuk memeriksa kesiapan seseorang untuk berbisnis di rumah. Ketika ia berpikir bahwa sebagian besar persyaratan sudah dipenuhi, maka ia sudah siap untuk memulai bisnis rumahan, caranya:

  1. Temukan ide bisnis dengan mengunjungi artikel Cara Mendapatkan Inspirasi Bisnis, lalu Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat.
  2. Buat produk, tim, dan eksekusi, pembahasan lengkap ada di artikel Bagaimana Cara Memulai Startup Bisnis.
  3. Lakukan pembukuan keuangan dan evaluasi kinerja.
bisnis-rumahan-3

Komunikasikan rencana anda | Photo by StartupStockPhotos is not licensed (Public Domain)

Artikel panduan singkat memulai bisnis rumahan ini memang tidak dapat menjelaskan dengan sangat detail, tapi yakinlah apabila anda sudah membaca sebagian besar dari Artikel dalam situs ini, anda sebenarnya sudah memiliki cukup pengetahuan. Sebagai bonus, berikut ini adalah tips untuk memulai bisnis rumahan:

  • Libatkan anggota keluarga ketika dimungkinkan dalam mengembangkan rencana bisnis, dan komunikasikan niat berbisnis pada semua anggota keluarga.
  • Memberi batasan yang jelas antara kehidupan bisnis dan kehidupan keluarga, terutama lakukan pembukuan keuangan yang disiplin.
  • Membagi tanggung jawab untuk mengurus rumah dengan anggota keluarga lain.
  • Mengelola waktu secara efektif dengan mengembangkan keterampilan manajemen waktu yang baik.
  • Luangkan waktu untuk liburan keluarga, dan coba batasi jam kerja untuk waktu tertentu.
  • Mulai bisnis ketika anak-anak lebih tua atau dengan operasi bisnis paruh waktu ketika mereka masih muda.

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2015, "Panduan Singkat Memulai Bisnis Rumahan," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/panduan-singkat-memulai-bisnis-rumahan/ (diakses pada 24 Sep 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.