Kualitas Superior Situs Pelajaran Tentorku


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Kualitas Superior Situs Pelajaran Tentorku (untuk menghemat pemakaian data).

Perkembangan teknologi ternyata juga memunculkan situs pelajaran online di Indonesia. Beragam situs mulai dari yang gratis sampai berbayar mulai eksis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kali ini penulis akan melakukan review situs belajar online tentorku. Berbagai alasan akan penulis jelaskan mengapa memilih mereview situs ini.

Disclaimer
Artikel ini adalah tulisan “titipan” dari sponsor. KuBisnis menerima imbalan atas rekomendasi yang dibuat pada artikel ini. Imbalan dapat berupa donasi dan/atau produk yang diberikan secara gratis untuk uji coba.

Daftar isi

Artikel ini akan mengulas (1) kelebihan Tentorku; (2) kekurangan Tentorku; yang akan ditutup dengan (3) kesimpulan.

preview-tentorku

Screenshot situs pelajaran tentorku menggunakan pagespeed google

Kelebihan Situs Pelajaran Tentorku.com

Tentorku merupakan situs yang 100% gratis. Situs ini hanya mengandalkan iklan dan donasi untuk keberlangsungan hidupnya. Iklan yang ada pun tidak mengganggu, karena hanya berjumlah maksimal dua buah iklan per halaman artikel/tutorial/pelajaran. Ini sangat jauh lebih baik daripada situs sejenis yang menggunakan iklan yang banyak, mengganggu, atau menarik bayaran untuk membership.

Validitas isi artikel dari situs ini jauh lebih baik daripada situs sejenis, bahkan seringkali jauh lebih update daripada buku-buku pelajaran yang dijual di pasaran. Coba lihat halaman artikel, setiap artikel memiliki referensi dan catatan kaki untuk mempertanggungjawabkan konten pelajaran pada situs tentorku. Penulis pada tentorku tidak jarang menggunakan buku-buku internasional untuk memverifikasi kontennya, walaupun sebagian besar masih dibantu oleh wikipedia berbahasa Inggris. Kadang satu halaman artikel pada situs tersebut memiliki referensi yang lebih banyak daripada satu buku utuh bse (buku sekolah elektronik) ataupun yang ada di pasaran.

Satu hal yang sangat berarti untuk disampaikan adalah profil (visi, misi, dan nilai utama) dari situs ini. Nilai ini tercermin dalam seluruh konten tentorku.com, terutama dalam hal integritas. Konten gambar dari situs ini menggunakan sumber yang legal untuk digunakan kembali (reusable), serta tidak ada plagiarisme terdeteksi pada artikelnya. Ini merupakan sesuatu yang superior dalam situs yang bertemakan pelajaran yang biasanya copy-paste atau melanggar hak cipta dalam penggunaan gambarnya.

Teknologi dari situs ini juga sudah mobile responsive dan sangat cepat karena meminimalkan (memperkecil) html, css, javascript, maupun gambarnya. Coba tengok pengujian kami menggunakan pingdom dan GTmetrix:

pengujian-pingdom-tentorku

(1) Atas: pengujian laman depan dari U.S.; (2) Bawah: pengujian laman depan dari Australia; Perbedaan jumlah request akibat perbedaan iklan adsense yang tayang

pengujian-gtmetrix-tentorku

Pengujian laman depan tentorku.com menggunakan GTmetrix (dari Kanada)

Nilai 80+ di atas merupakan nilai yang sangat baik dan jelas membuat pembaca di Indonesia (yang notabene internetnya masih lambat) akan lebih dapat mengakses situs ini dengan baik. Apabila pembaca masih bingung, mereka dapat meninggalkan komentar ataupun bertanya melalui forum tanya jawab pada bagian lain dari situs tersebut.

Kekurangan Situs Pelajaran Tentorku.com

Kekurangan yang sangat jelas dari situs ini adalah jumlah artikel pelajaran yang telah terbit. Tercatat hanya 100an artikel pelajaran yang telah terbit semenjak situs ini berdiri. Hal ini membuat isi dari situs ini belum lengkap. Sebagian besar pelajaran juga masih diisi dengan pelajaran biologi (52) dan fisika (30), ini masih sangat jauh dari “mimpi” mereka. Memang ada yang mengatakan kualitas mengalahkan kuantitas, akan tetapi kuantitas juga diperlukan agar dampak dari situs ini dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Media yang digunakan masih statis, belum ada video atau program interaktif yang mereka buat. Konten situs ini masih berupa tulisan dan gambar. Ini merupakan kekurangan yang mungkin akan menjadi krusial di masa depan ketika bandwidth sudah murah, sehingga penggunaan video meningkat. Pada masa itu video tutorial akan menjadi superior dibandingkan dengan artikel statis yang tentorku berikan.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Kesimpulan

Situs pelajaran tentorku.com memang superior dalam hal kualitas dibandingkan dengan situs sejenis, bahkan superior daripada wikipedia berbahasa Indonesia maupun buku-buku pelajaran di pasaran. Namun, hanya sebagian kecil pelajaran yang sudah dibahas. Ini membuat manfaat dari situs ini masih belum terlihat. Penulis berharap kontributor tentorku dapat mempercepat kerjanya dan memperlengkap koleksi artikelnya.

Memang sekarang video masih belum memiliki jangkauan luas, akan tetapi pada masa depan sebaiknya tentorku mulai memikirkan membuat konten yang lebih interaktif.

Referensi
  1. Kontributor Tentorku, 2015, “Situs Belajar Online Terbaik di Indonesia”, Laman depan Tentorku, https://www.tentorku.com/ (diakses pada 26 Jan 2016).
  2. Kontributor Tentorku, 2015, “Tentang Tentorku”, Laman Tentorku, https://www.tentorku.com/tentang-tentorku/ (diakses pada 26 Jan 2016).

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2016, "Kualitas Superior Situs Pelajaran Tentorku," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/kualitas-superior-situs-pelajaran-tentorku/ (diakses pada 24 Sep 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.