Mendapatkan Penghasilan dari Tulisan Blog


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Mendapatkan Penghasilan dari Tulisan Blog (untuk menghemat pemakaian data).

Artikel ini akan memberikan anda gambaran dasar tentang cara mendapatkan penghasilan dari tulisan blog yang sering disebut dengan monetisasi (monetize) blog. Harap diperhatikan bahwa tulisan ini hanya akan membahas cara-cara yang “halal” bukan cara-cara kotor untuk mendapatkan rupiah melalui blog. Konsekuensinya, cara ini tidak mudah dan membutuhkan waktu yang panjang sampai akhirnya blog anda akan dapat menghasilkan uang untuk anda. Penulis akan mencoba menjelaskan langkah demi langkah untuk pemula agar dapat melihat proses ini dengan menyeluruh, tetapi tetap sederhana. Kabar baik untuk anda: cara ini bebas dari hukuman google, dosa, dan perasaan bersalah 🙂

Pilih Niche untuk Blog Anda

Niche (baca: nich) market adalah bagian dari pasar di mana produk yang spesifik difokuskan. Sehingga pertama-tama seseorang harus memilih dulu niche (topik) yang sesuai dengan keahlian atau minatnya. Idealnya, niche yang ia pilih adalah niche yang memiliki high paying keyword, kompetisi yang rendah, dan traffic yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Untuk melihat datanya, kita dapat membuka Google Keyword Planner.

menentukan-kata-kunci-blog

Perhatikan gambar di atas, kata kunci makanan memiliki bid yang lebih tinggi dari bisnis, dengan traffic yang sama (33.100). Kata kunci makanan juga memiliki tingkat kompetisi yang lebih rendah dari bisnis, walaupun keduanya termasuk kata kunci yang memiliki traffic tinggi sehingga tidak ideal untuk memulai, tetapi paling tidak kata kunci makanan lebih baik daripada bisnis. Kita dapat bermain-main dengan tools ini, dan mencari kata kunci yang sesuai dengan niche kita. Tapi ingat, walaupun seseorang mendapatkan kata kunci yang “sempurna,” hal ini tidak ada artinya apabila ia tidak bisa membuat konten yang baik. Jadi, fokuslah pada apa yang anda bisa ciptakan, apakah itu tentang memasak, menggambar, menjahit, mendesain, dll., KuBisnis sendiri memilih niche wirausaha/startup/bisnis.

Jangan Gunakan Alamat Web Gratisan

Apabila seseorang serius ingin memonetisasi blognya, paling tidak ia harus memiliki domain dan hosting sendiri. Saat ini dengan hanya Rp. 200.000,- kita sudah bisa menyewa domain dan hosting selama 1 tahun. Apabila dihitung biaya bulanan, maka sekitar Rp. 17.000,- per bulan, ini hanya seharga makan satu kali di warteg. Kenapa penulis menganjurkan menggunakan domain sendiri? Karena alamat anda, misalnya www.kubisnis.com bisa menjadi bernilai jual tinggi apabila blog anda dapat menarik pengunjung yang banyak.

wordpress-untuk-menulis-blog

WordPress untuk menulis blog | Photo by pixelcreatures is not licensed (Public Domain)

Alamat web juga bisa menggunakan keyword on domain sehingga kata kunci yang kita pilih bisa lebih mudah ditampilkan pada mesin pencari google. Mengapa KuBisnis tidak menggunakan keyword on domain? Karena hal tersebut juga memiliki kekurangan, yaitu apabila seseorang ingin mengembangkan lingkup tulisannya, maka domain anda akan menjadi tidak cocok. Misalnya orang itu membuat blog www.ahlimasak.com, maka selamanya ia hanya bisa membahas masakan. Jadi, pertimbangan dengan baik nama apa yang ingin digunakan. Ada baiknya anda menggunakan nama anda sendiri pada blog, toh setiap orang tua pasti menamai anaknya dengan filosofi dan maksud yang baik.

Segera Menulis

Segeralah membuat blog, lalu mulailah menulis. Beberapa langkah untuk membuat tulisan yang baik adalah:

  • Lakukan riset awal: kumpulkan materi yang sesuai, lalu pelajari dengan baik.
  • Buat draft tulisan awal: mulailah menulis berdasarkan materi yang sudah dikumpulkan. Pada tahap ini, buat tulisan dengan mengalir, tidak perlu terlalu banyak menghapus, kerjakan sampai selesai.
  • Periksa draft awal: baca ulang draft, dan lakukan revisi, termasuk kesalahan ketik, kesalahan tanda baca, dll.
  • Masukkan gambar yang cocok: Artikel tanpa gambar rasanya hambar, pada fase ini percantik tulisan dengan gambar. Tapi kita harus ingat untuk menggunakan gambar yang “reusable,” caranya pada google image klik “usage rights” lalu “Labeled for reuse.” Sehingga pemilik gambar tidak akan menuntut kita karena hak cipta, atau kita bisa menggunakan foto bidikan sendiri.
  • Finalisasi dan publish: Apabila tulisan sudah memiliki judul dan deskripsi meta yang baik (yang sesuai) dengan konten, maka segeralah mempublish artikel tersebut. Jangan lupa untuk mendaftarkan artikel pada Google Webmaster Tools agar segera diindeks oleh Google. Kemudian yang tidak kalah penting, publikasikan tulisan pada teman-teman pada media sosial.
  • Disiplin: Menulis pada blog bukan pekerjaan yang hanya satu kali selesai, tetapi merupakan proses berulang-ulang. Pastikan setidaknya ada tulisan baru yang tentunya berkualitas setiap minggu.

memilih-gambar-blog

Beragam Cara untuk Mendapatkan Penghasilan dari Tulisan Blog

Tergantung pada konten blog anda, anda bisa mendapatkan penghasilan dari tulisan blog dengan berbagai cara, yaitu:

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

  • Adsense: Apabila konten blog sudah memenuhi syarat untuk menampilkan iklan, kita bisa mendaftar Google Adsense. Syaratnya bisa dilihat pada halaman ini.
  • Affiliate: kita dapat mengiklankan produk dari penyedia affiliate seperti: Zalora, Lazada, Amazon, dll untuk kemudian mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang berasal dari link pada blog kita.
  • Authority: Apabila tulisan anda memang berkualitas, maka lama kelamaan anda akan mempunyai reputasi. Ini dapat membuka berbagai pintu untuk bisnis, seperti seminar, pelatihan, atau bahkan ada penerbit yang ingin bekerja sama dengan anda.
mendapatkan-penghasilan-blog-via-adsense

Mendapatkan penghasilan blog via Adsense | Photo by IvanWalsh.com is licensed under CC-BY-2.0

Mendapatkan penghasilan dari tulisan blog adalah proyek jangka panjang, Anda tidak bisa berharap akan langsung mendapatkan penghasilan yang besar. Filosofi dalam blogging ini seperti tetesan air, pada awalnya tidak terasa, tetapi akhirnya akan bisa menghancurkan batu 🙂

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2015, "Mendapatkan Penghasilan dari Tulisan Blog," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/mendapatkan-penghasilan-dari-tulisan-blog/ (diakses pada 20 Jun 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.