Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga (untuk menghemat pemakaian data).

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang sekaligus berbisnis memang hal yang diidamkan oleh para ibu. Mengasuh anak dan memastikan keadaan rumah aman terkendali bukan berarti harus melepaskan passion seseorang. Dengan berbisnis sampingan, seseorang ibu masih bisa menyalurkan bakat dan minatnya tanpa harus melepaskan tanggung jawab menjadi ibu rumah tangga. Berikut ini adalah peluang bisnis untuk ibu rumah tangga:

jk-rowling

J.K. Rowling | Photo by Executive Office of the President is not licensed (Public Domain)

1. Penulis Buku Cerita Anak
Seorang ibu tentu saja sudah pernah menceritakan dongeng kepada anak sebelum tidur bukan? Jadikan ini kesempatan untuk menulis cerita anak, bahkan ia akan langsung mendapatkan feedback dari anaknya sekaligus lebih mengembangkan imajinasi mereka. Sempatkan satu sampai dua jam untuk mengarang cerita untuk nanti diceritakan pada malam hari, apabila anak ibu menyukainya, ada kemungkinan ceritanya memang berkualitas. Inilah kesempatan untuk ia menerbitkan buku sendiri.

2. Blogger
Menjadi ibu rumah tangga tentunya akan banyak memiliki waktu ruang di rumah, manfaatkan ini dengan menjadi blogger. Ia dapat menulis apapun yang menjadi passionnya, mulai dari resep masakan, tips mengasuh anak, fashion, fotografi, atau apapun yang menjadi hobinya. Banyak pengarang buku bermula dari seorang blogger. Jadi, jangan sia-siakan bakat anda!

3. Kerajinan dan aksesoris
Apabila seorang ibu menyukai pernik-pernik dan aneka kerajinan lainnya, ini adalah peluang bisnis untuknya. Latih keterampilan anda sehingga menjadi mahir dalam berkreasi. Ketika anda siap untuk menjual produk, mulailah pasarkan dari kerabat dan kawan-kawan. Saat ini sudah banyak platform yang akan membantu memasarkan produk kerajinan dan aksesoris, seperti Instagram. Ingat buatlah produk yang indah sekaligus dapat digunakan untuk sehari-hari, seperti notes, pembatas buku, gelang, cincin, dll.

4. Produk Fashion
Apabila seseorang menyukai dunia fashion, tidak ada salahnya mulai menekuni cara membuat gaun atau produk fashion lain. Terdapat pangsa pasar menengah ke atas yang cukup baik apabila ia dapat menjadi perancang busana. Ia dapat juga menjadi penata busana atau konsultan fashion apabila memang memiliki pengetahuan yang baik atau rajin mengikuti tren di dunia fashion.

helene-darroze

Hélène Darroze | Photo by Arnaud 25 & Hélène Darroze is not licensed (Public Domain)

5. Kuliner
Untuk ibu yang memiliki hobi memasak, terbuka lebar peluang di bisnis kuliner. Ia dapat menjual roti, kue kering, ataupun membuat jasa katering sendiri. Konsistensi adalah hal yang penting dalam bisnis kuliner, jangan hanya musiman (menjelang hari raya). Setiap bulan pasti ada rapat, pertemuan, pernikahan, arisan, dll., yang membutuhkan jumlah paket makanan yang tidak sedikit. Ini adalah bisnis yang akan terus menerus ada, tetapi persaingan akan sangat ketat. Gunakan kreativitas anda untuk menawarkan produk yang menarik, lihat situasi pasar di sekitar, lalu berikan menu yang berbeda atau menu yang sama dengan kualitas berbeda.

6. Tutor
Anda kuliah tinggi-tinggi tetapi tidak menggunakan pendidikan anda? Ini adalah sesuatu yang sangat disayangkan. Seorang ibu dapat menjadi tenaga pengajar di bimbingan belajar ataupun membuka biro sendiri. Tidak terlalu dibutuhkan kesulitan tinggi apabila ia ingin mengajar les kelas atau kelompok. Ia hanya harus mau belajar dan rajin berlatih untuk dapat menyampaikan pelajaran dengan baik.

wanita-karir

Wanita karir | Photo by Unsplash is not licensed (Public Domain)

7. Jual beli
Saat ini banyak peluang reseller atau dropshipper yang dapat memberikan seseorang penghasilan tambahan, tetapi ingat bahwa bisnis ini hanya untuk sementara, karena memang salah satu yang paling ketat persaingannya. Belajarlah menjual dari sistem ini, lalu kembangkan bisnis ini lebih jauh. Kita dapat menjual berbagai produk yang kita sukai, seperti pakaian bayi, produk fashion, aksesoris unik, dll.

Itulah beberapa peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang dapat dilakukan oleh semua orang. Ingat bahwa masih banyak peluang bisnis lain yang mungkin lebih sesuai dengan latar belakang pendidikan anda, seperti penata rias, konsultan finansial, konsultan kesehatan, dll. Pada intinya apabila anda memiliki keahlian, pasti anda bisa membuat sesuatu yang bermanfaat dan dapat dijual.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2015, "Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/peluang-bisnis-untuk-ibu-rumah-tangga/ (diakses pada 13 Dec 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.