Rahasia Sukses Entrepreneur Dunia

Setelah melihat berbagai kuliah, membaca buku, dan berbagai materi bisnis, penulis berpendapat bahwa buku yang ditulis oleh Richard St. John telah merangkum seluruh rahasia sukses entrepreneur dunia. Terdapat delapan rahasia sukses, yaitu: passion (gairah), kerja, fokus, push, ide, improve, melayani, dan gigih. Tetapi, delapan hal yang sudah disebutkan gagal menyederhanakan apa sebetulnya "rahasia sukses" dengan kata-kata yang lebih mudah.

Rahasia Sukses Yang Sederhana

Makna sukses memang berbeda-beda bagi tiap orang, tetapi sukses dalam konteks situs ini (kewirausahaan) adalah ketika seseorang sudah dapat membangun bisnis yang bernilai tinggi dan sustainable. Menurut penulis, rahasia yang membuat seseorang sukses:

Rahasia sukses adalah ketika seseorang mengerjakan hal yang ia cintai, percaya bahwa hal itu benar-benar memberi makna dan punya nilai manfaat bagi orang banyak, kemudian mengerahkan lebih dari seluruh kemampuannya untuk mewujudkan hal itu.

Itulah rahasia sukses menurut KuBisnis. Untuk mendukung pernyataan ini (karena penulis juga belum sukses), anda harus tahu bahwa kata-kata ini dirangkai berdasarkan cerita sukses para entrepreneur dunia, mari kita coba bedah satu per satu:

rahasia-sukses-2
Rahasia sukses | Photo by Hartwig HKD is licensed under CC-BY-ND-2.0

Hal yang Anda Cintai

Passion adalah motivasi dalam diri yang akan membuat seseorang menjadi sukses. Steve Jobs berkata "Apple is not about making boxes for people to get their jobs done, although we do that well. Apple is about something more. Its core value is that we believe that people with passion can change the world for the better." [1] Orang yang memiliki gairah adalah orang yang dapat merubah dunia menjadi lebih baik.

Donald Trump mengatakan "Without passion, you don't have energy; without energy, you have nothing. Nothing great in the world has been accomplished without passion" [2] Tanpa passion anda tidak punya energi; tanpa energi anda tidak punya apa-apa. Tidak ada sesuatu yang hebat dapat dicapai tanpa passion. Masih banyak lagi quote yang lain, namun kita harus membahas hal yang lain bukan?

rahasia-sukses-3
Rahasia sukses | Photo by BK is licensed under CC-BY-SA-2.0

Percaya pada Hal yang Anda Kerjakan

Ketika seseorang belum bisa berbuat apa-apa, siapa orang pertama yang mempercayainya? Tentu saja dirinya sendiri. Ia harus mempercayai ide/produk/sistemnya sebelum orang lain bisa mempercayainya. Steve Jobs berkata "Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do" [3] Ini merupakan kombinasi poin 1 dan poin 2, anda harus percaya bahwa pekerjaan anda adalah pekerjaan yang hebat untuk bisa benar-benar puas.

Mark Zuckerberg berkata "People can be really smart or have skills that are directly applicable, but if they don't really believe in it, then they are not going to really work hard." [4] Tanpa ada rasa percaya, seseorang tidak akan dapat bekerja keras, dan selalu ada keraguan dalam dirinya. Itulah mengapa percaya pada hal yang anda kerjakan dan hal yang bisa anda lakukan itu penting.

Donald Trump tidak ketinggalan untuk berpendapat "Remember, if you don't promote yourself, then no one else will! Likewise, believe in yourself--or no one else will either." [5]

rahasia-sukses
Rahasia sukses | Photo by SEO is licensed under CC-BY-SA-2.0

Kerja, Kerja, dan Kerja Keras

Slogan Presiden Joko Widodo pada masa kampanye, walaupun kinerjanya belum terlihat, tetapi paling tidak slogan ini juga dipakai oleh para entrepreneur dunia. Will Smith adalah aktor yang terlintas dalam benak penulis, ia berkata "You know, while the other guy's sleeping? I'm working. While the other guy's eatin'? I'm working. While the other guy's making love, I mean, I'm making love, too. But I'm working really hard at it,[6]

Penulis menggunakan contoh aktor agar kita tidak bosan selalu membahas pengusaha. Anda dapat mencari berbagai sumber lain tentang bagaimana para pengusaha sukses bekerja dengan "gila" sepanjang hidup mereka, tetapi karena mereka melakukan hal yang mereka cintai, maka rasanya akan jauh berbeda ketika anda lembur di kantor (kecuali kalau anda memang menyukai pekerjaan anda di kantor).

Referensi
  1. Gallo, C., 2015, “As Steve Jobs Once Said, People With Passion Can Change The World,” Entrepreneur, http://www.entrepreneur.com/article/248079 (accessed November 5, 2015).
  2. Wikiquote contributors, “Donald Trump,” Wikiquote, https://en.wikiquote.org/w/index.php?title=Donald_Trump&oldid=2033421 (accessed November 5, 2015).
  3. WSJ, 2011, “Find What You Love, Steve Jobs’ at Stanford University,” http://www.wsj.com/articles/SB10001424053111903596904576520690515394766 (accessed November 5, 2015).
  4. Henry, Z., 2014, “Mark Zuckerberg’s 10 Best Quotes Ever,” Inc., http://www.inc.com/zoe-henry/mark-zuckerberg-move-fast-and-break-things.html (accessed November 5, 2015).
  5. Trump, D. J., https://www.facebook.com/DonaldTrump/posts/10152561270845725 (accessed November 5, 2015).
  6. CBSNEWS, 2007, “Will Smith: My Work Ethic Is Sickening,” http://www.cbsnews.com/news/will-smith-my-work-ethic-is-sickening/ (accessed November 5, 2015).

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2015, https://www.kubisnis.com/rahasia-sukses-entrepreneur-dunia/ (diakses pada 10 Dec 2023).

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Avatar photo
KuBisnis

Penerbit KuBisnis adalah penerbit artikel bisnis dan kewirausahaan berkualitas. KuBisnis percaya bahwa setelah proyek artikel ini selesai, Indonesia akan menjadi negara yang memiliki banyak entrepreneur! Semua konten tulisan, gambar, dan video pada situs ini adalah hak cipta KuBisnis, kecuali dinyatakan khusus secara tertulis. Hak cipta dilindungi oleh DMCA dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Articles: 91