Cara Mendapatkan Inspirasi Bisnis


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: Cara Mendapatkan Inspirasi Bisnis (untuk menghemat pemakaian data).

Inspirasi bisnis sering disamakan dengan ide bisnis, padahal kedua hal tersebut adalah sesuatu yang berbeda. Inspirasi bisnis adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami stimulasi pikiran, perasaan, emosi, dll, yang memicu kreativitas dalam menyingkapi bisnis yang pada akhirnya akan menciptakan ide bisnis yang kreatif. Artikel ini akan membahas bagaimana cara mendapatkan inspirasi bisnis, yang pada akhirnya akan membuat seseorang menghasilkan ide bisnis yang bermutu.

Inspirasi

Inspirasi | Photo by BK is licensed under CC-BY-SA-2.0

1. Kondisikan diri Anda dan lingkungan Anda
Inspirasi bisnis muncul dari suatu kondisi yang cocok untuk seseorang, karena setiap orang memiliki set kondisi yang berbeda untuk mendapatkan inspirasi. Biasanya inspirasi muncul ketika ia merasa nyaman dan rileks. Ia mungkin akan nyaman ketika kondisi tenang, sepi, santai, ataupun bisa saja sambil mendengarkan musik, atau menikmati keramaian pusat perbelanjaan. Jangan menunggu untuk mendapatkan kondisi tersebut, tetapi kondisikan lingkungan untuk memicu munculnya inspirasi, seperti membersihkan ruang kerja, atau meditasi.

Ingat bahwa pikiran yang stress akan menutup pintu kreativitas, untuk itu jangan pikirkan masalah anda untuk sementara. Bersabarlah dan biarkan imajinasi melayang-layang seperti ketika kita masih kecil.

2. Amati masalah di sekitar Anda
Terkadang seseorang bisa mendapatkan inspirasi bisnis dari mengamati permasalahan yang ada di lingkungannya. Berhentilah sejenak dari aktivitas rutin dan luangkan waktu untuk berinteraksi dengan lingkungan. Luangkan waktu bersama kerabat dan keluarga, karena tidak jarang inspirasi bisnis muncul ketika seseorang mengamati perilaku anaknya sendiri. Menghadiri rapat RT atau organisasi masyarakat setempat juga dapat membantu mendapatkan masalah, tren, atau gagasan yang bagus.

mengamati-lingkungan

Mengamati lingkungan | Photo by Hillebrand Steve, U.S. Fish and Wildlife Service is not licensed (Public Domain)

3. Perluas wawasan Anda
Kapan terakhir kali anda membaca buku, mengikuti seminar, mendengarkan radio, menonton youtube, dan browsing internet untuk mendapatkan inspirasi bisnis? Inspirasi bisnis dapat datang dari berbagai media yang bermutu, meskipun tidak harus terkait dengan bisnis secara langsung. Berikut ini adalah link website dan video yang mungkin akan membantu anda dalam mendapatkan inspirasi:

ted-talks

TED talks | Photo by Steve Jurvetson is licensed under CC-BY-2.0

Ingat bahwa kualitas ide seseorang bergantung dengan kualitas bahan yang ia baca/tonton/dengarkan. Apabila ia berada dalam komunitas motor misalnya, maka ide bisnisnya juga nantinya akan sedikit banyak berhubungan dengan komunitas tersebut, seperti bengkel, jual aksesoris, kafe, tempat nongkrong, dsb. Sebaliknya, untuk mendapatkan ide kreatif, kita harus rajin-rajin meningkatkan kualitas diri.

4. Bermain video game tentang bisnis
Saat ini terdapat banyak game simulasi sejenis The Sims atau Sims City yang banyak melibatkan imajinasi seseorang dalam membangun kehidupan/bisnis/kota. Berikut ini merupakan daftar games simulasi yang populer yang dapat menginspirasi Anda:

  • Cities: Skylines
  • Airline Tycoon
  • Anno/Ad Series
  • Caesar series
  • Capitalism series
  • Europa Universalis series
  • The Patrician series
  • Railroad Tycoon series
  • Rollercoaster Tycoon series
  • Simcity series
  • Transport Tycoon
  • dll
transport-tycoon

Transport Tycoon | Photo by Terabass is licensed under CC-BY-SA-3.0

Itulah cara mendapatkan inspirasi bisnis menurut penulis, tapi ingat bahwa inspirasi atau ide hanya berpengaruh dalam jumlah kecil dalam kesuksesan, sedangkan porsi yang paling besar adalah kinerja dan usaha anda. “Genius is 1% inspiration and 99% perspiration” – Thomas A. Edison.

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2015, "Cara Mendapatkan Inspirasi Bisnis," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/cara-mendapatkan-inspirasi-bisnis/ (diakses pada 13 Nov 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda bisa mengirimkan saran pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.