ICO Zenodys: Framework Pengembangan & Marketplace Aset Digital


Laman ini adalah tampilan standar. Akses versi seluler cepat laman ini di: ICO Zenodys: Framework Pengembangan & Marketplace Aset Digital (untuk menghemat pemakaian data).

English version available on steem.it and medium

head-banner-zenodys

“Internet of things” (IoT) merupakan topik yang sedang hangat diperbincangkan karena akan berdampak pada kehidupan manusia, terlebih lagi pada cara manusia bekerja. Konsepnya adalah dengan menghubungkan semua perangkat pada internet, mulai dari ponsel, kulkas, microwave, lampu, mesin cuci, kendaraan, dll. Hal ini akan membuat manusia bisa memiliki “rumah pintar” atau “kota pintar” ataupun hal-hal lain seluas imajinasi manusia. Tidak hanya IoT, big data dan kecerdasan buatan dapat dikolaborasikan untuk membuat berbagai otomatisasi dalam kehidupan pribadi maupun bisnis manusia. Untuk dapat mengembangkan aplikasi yang kompleks ini, diperlukan framework yang mudah untuk digunakan, dan library lengkap sehingga pengembang software dapat mengembangkan softwarenya dengan mudah. Untuk itu framework Zenodys telah dikembangkan sejak tahun 2015, dan saat ini hendak melakukan ICO untuk dapat mengintegrasikan marketplace aset digital dalam platform tersebut menggunakan teknologi blockchain.

Disclaimer: Penulis bukanlah seorang programer blockchain maupun konsultan investasi. Penulis tidak menyarankan maupun tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian dari investasi pada ICO ini. Tulisan ini hanya sebatas informasi yang mungkin saja salah dan bisa diikuti ataupun diabaikan tanpa ada paksaan.

Latar Belakang adanya Marketplace Zenodys

Marketplace untuk memperdagangkan aset-aset digital, seperti data, konten, algoritma, API, desain, UI, dApps, dll., sangat penting agar pengembang tidak perlu membuat aplikasi yang kompleks dari nol. Mereka dapat membangun dengan menggunakan aset-aset yang sudah ada sehingga pekerjaan bisa menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Saat ini kebanyakan aset-aset digital yang ada tersebar di internet dan kebanyakan bersifat open source yang minim fitur dan dukungan pengembangan karena sifatnya gratis. Kemudian, kebanyakan dari pengembang tidak dapat mengumpulkan aset-aset digital ke dalam format standar yang dapat diperdagangkan dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam proyek-proyek lainnya. Sehingga, konsekuensinya saat ini belum ada marketplace untuk aset-aset digital.

digital-aset-zenodys

Apa itu Zenodys?

Zenodys adalah suatu framework visual pengembangan aplikasi yang didalamnya terdapat marketplace aset-aset digital yang ditenagai oleh blockchain. Hal ini membuat semua orang dapat membangun dan menjual (atau membeli) aset-aset digital yang berkualitas tinggi.

like-fb-kubisnis

Apabila Anda menyukai artikel KuBisnis, bantu KuBisnis untuk tumbuh di www.facebook.com/KuBisnis/

Zenodys memiliki tiga bagian yang kesemuanya ditenagai dengan kontrak pintar Ethereum:

  • Zenodys Marketplace – adalah tempat untuk jual-beli aset-aset digital yang sudah distandarisasi sehingga aset-aset tersebut dapat dengan mudah dikombinasikan dan digunakan dalam berbagai aplikasi dengan “drag and drop.”
  • Zenodys Platform – mesin komputasi, alat pengembangan, dan elemen-elemen untuk membangun dan menjalankan aplikasi.
  • Zenodys Network – open protocol dan nodes.

susunan-produk-zenodys

Zenodys dapat digunakan untuk berbagai hal

fungsi-zenodys

Manfaat Zenodys

Bagi pengembang aplikasi (programmer maupun bukan programmer):

  • Memiliki alat untuk mengumpulkan dan memonetisasi aset-aset digital.
  • Memiliki kesempatan untuk membuat aplikasi dengan mudah menggunakan UI yang sederhana dan berbasis visual.
  • Blok visual yang dapat digunakan kembali (reusable) membuat pengembang tidak perlu membangun dari awal akibatnya pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Bagi perusahaan:

  • Aset-aset yang terintegrasi dan ekosistem aset memberikan akses perusahaan kecil pada solusi dan teknologi tingkat korporasi (enterprise grade) yang saat ini hanya bisa diakses perusahaan-perusahaan besar.
  • Perusahaan membayar software lebih murah karena lingkungan yang efisien dan terintegrasi, serta efisiensi desentralisasi komputasi.
  • Perusahaan membayar lebih murah karena mereka bisa melakukan kustomisasi aplikasi sesuai keinginan, sehingga biaya dukungan dan pemeliharaan bisa lebih rendah.

Bagi komunitas:

  • Semua orang dapat berkolaborasi menggunakan alat pengembangan yang jauh lebih sederhana untuk membangun aset-aset menjadi aset baru lainnya yang kesemua pesertanya dapat mendapatkan upah yang adil.
  • Mengijinkan semua orang belajar dan memberikan mereka akses ke berbagai aset digital.
  • Orang-orang di negara berkembang dapat memperbaiki kehidupan mereka dengan menjual aset-aset digital karya mereka.

Token Zenodys (CoinZZ atau ZZ)

Selain menjadi pondasi dari layanan Zenodys yang terdesentralisasi, blockchain memungkinkan orang-orang untuk bekerja sama, dapat secara bebas menggabungkan aset-aset digital, dan dapat menciptakan rantai nilai tambah baru tanpa perlu khawatir untuk saling mengenal antar peserta. Terlebih lagi, blockchain juga dapat memberikan alternatif monetisasi otomatis yang adil untuk setiap peserta.

guna-blockchain-zenodys

Token Zenodys bernama CoinZZ atau ZZ akan diluncurkan pada saat penjualan token atau token generation event (TGE) pada bulan Juni 2018, dan setelahnya tidak ada token lagi yang akan dibuat. Tujuan diciptakannya CoinZZ ini adalah untuk:

  • Mekanisme kompensasi otomatis dan sederhana antar pemangku kepentingan untuk bertukar nilai tambah dalam platform.
  • Mekanisme untuk menyediakan utilitas untuk meningkatkan nilai tambah pemangku kepentingan dan nilai tambah ekosistem.
  • Operasi yang mulus antar jaringan blockchain dan jaringan-jaringan infrastruktur yang lain.

Pengguna menggunakan CoinZZ untuk:

  • Mengunggah aset-aset digital pada node-node jaringan terdistribusi.
  • Membeli, menggunakan, atau berlangganan pada aset-aset dan aplikasi.
  • Menawarkan jasa-jasa.
  • Menggunakan jasa escrow maupun reviewer.
  • Mengakses diskon, penawaran khusus, maupun program-program komunitas.

Investasi pada ICO/TGE Zenodys CoinZZ

  • Nama: CoinZZ
  • Simbol: ZZ
  • Harga token saat TGE: 1 ZZ = $ 0,01
  • Menerima: BTC, BCH, ETH, EUR dan USD
  • Sale cap: $ 31.000.000*
  • Total cap: $ 50.000.000*
  • Total suplai token (termasuk bonus): 5.000.000.000 ZZ
  • Mulai penjualan publik: Juni 2018
  • Durasi TGE: 30 hari

*Menyesuaikan bonus.
Token akan didistribusikan menurut persentase berikut:

  • 62% Komunitas Zenodys (TGE)
  • 10% Perusahaan
  • 10% Pendiri
  • 10% Tim
  • 5% Penasihat
  • 3% Marketing TGE

Koin untuk tim, pendiri, dan penasihat akan dikunci selama 6 bulan.

Valuasi Token Zenodys (CoinZZ)

Berbeda dengan ICO-ICO pada umumnya, perhitungan faktor dilusi dari token ZZ ini tidak dapat merepresentasikan nilai “riil” dari token ZZ, karena proyek marketplace ini dibangun di atas proyek platform Zenodys yang telah dikerjakan selama bertahun-tahun. Oleh karena itu pada bagian ini hanya bersifat tentatif saja, menggunakan asumsi tidak ada nilai tambah dari platform yang telah dibangun sebelumnya.

Dengan asumsi bahwa rata-rata bonus saat penjualan publik adalah sebesar 20% dan semua token habis terjual, maka kita dapat menghitung total dana terkumpul yang berkurang akibat adanya bonus. Dengan demikian kita juga dapat menghitung faktor dilusi token ini, yaitu sebesar 20% (terdilusi hanya bonus penjualan), dan ~50% (terdilusi bonus penjualan, fee perusahaan, pendiri, dll).

zenodys-dilution

Melihat hal ini, timbul pertanyaan apakah proyek ini menguntungkan? Zenodys ini merupakan proyek yang sangat serius. Proyek ini telah berlangsung dari tahun 2015 dan melibatkan berbagai konsultan ternama, seperti Accenture, KPMG, dll. Karena sifatnya yang tidak membangun dari nol, maka tentu saja koin ini akan sangat bernilai. Terlebih lagi, apabila anda membeli saat pre-sale, anda akan dapat membeli token Zenodys ini dengan bonus 50% untuk mengkompensasi faktor dilusi.

Kesimpulan Investasi Token Zenodys

Proyek ini memiliki prospek yang sangat cerah, terlebih lagi belum ada konsep ICO sejenis (sepengetahuan penulis). Teknologi ini akan membuat pengembang software dapat dengan mudah membuat aplikasi, bahkan tidak perlu mahir dalam koding karena lingkungan pengembangan yang berbasis drag-and-drop gambar. Dengan analogi sederhana, konsep ini dapat diibaratkan seperti WordPress di mana kita tidak perlu mahir html, css, dan php untuk dapat membuat situs web yang berkualitas. Terlebih lagi proyek ini akan melibatkan semua pemangku kepentingan dengan model bisnis yang brilian dan logis. Akan tetapi, tentu saja semuanya tergantung dari timing, adopsi, dan kompetensi tim developer untuk membangun platform yang berkualitas.

zenodys-team

Apabila ditinjau dari validitasnya, penulis rasa ICO ini BUKAN scam, karena:

Namun harap dicatat karena secara konsep proyek ini adalah proyek masa depan (jangka panjang) maka anda harus bersabar dalam menghadapi fluktuasi harga yang umumnya cenderung menurun. Akan tetapi, koin ini menurut saya sangat bernilai nantinya dan layak untuk anda koleksi.

Penulis: mu_enrico

Kutip artikel ini:
Kontributor KuBisnis, 2018, "ICO Zenodys: Framework Pengembangan & Marketplace Aset Digital," Artikel KuBisnis, https://www.kubisnis.com/ico-zenodys-framework-pengembangan-marketplace-aset-digital/ (diakses pada 20 Jun 2018).

Artikel Terkait:

Artikel ini bukan yang Anda butuhkan?
Anda dapat mengisi komentar di bawah untuk memberitahu kami topik atau judul artikel yang Anda inginkan.
Anda juga bisa mengirimkan komentar pada KuBisnis di akun fb/twitter/google kami di @KuBisnis.
Topik dengan voting komentar terbanyak akan mendapatkan prioritas dibuatkan artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.